PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DI SMP N 2 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syaf, Alif Ridwan (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DI SMP N 2 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 Abstrac.pdf

Download (500kB)
[img] Text
03 Daftar Isi.pdf

Download (387kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (651kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (752kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui kecerdasan emosional, pemahaman nilai-nilai agama Islam, dan perilaku keberagamaan siswa (2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku keberagamaan siswa(3) untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa(4) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field reserch). yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah tetapi didahului semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di SMP N 2 Mejobo Kudus. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 313 siswa, dengan sampel berjumlah 72 siswa. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan sampling purpsive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, kemudian di uji lagi dengan uji statistik menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan emosional dalam kategori baik, yaitu sebesar 72, pemahaman nilai-nilai agama Islam dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 51, perilaku keberagamaan siswa dalam kategori baik, yaitu sebesar 58. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku keberagamaan siswa, dengan menggunakan persamaan regresi 〖rx〗_1 y = 0,471, koefisien determinasi = 22,1%, Ŷ = 31,862 + 0,368 X1, dan Freg = 19,962, maka kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang positif dan cukup signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa, dengan menggunakan persamaan regresi 〖rx〗_2 y = 0,504, koefisien determinasi= 25,4%, Ŷ = 21,714+ 0,717X2, dan Freg = 23,804, maka pemahaman nilai-nilai agama Islam mempunyai hubungan yang positif dan cukup signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa, dengan menggunakan persamaan regresi 〖rx〗_1 x_2 y = 0,568, koefisien determinasi = 32,2%, Ý= 15,356 + 0,233 X1 + 0,514 X2, dan Freg = 10,236, maka kecerdasan emosional dan pemahaman nilai-nilai agama Islam serta secara stimulan terdapat hubungan yang positif & signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Pemahaman Nilai-nilai Agama Islam dan Perilaku Keberagamaan Siswa
Subjects: Islam (Umum) > Islam dan Ilmu Sosial
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:27
Last Modified: 04 Feb 2017 05:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item