KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK ETIKA PESERTA DIDIK MENURUT HABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SMITH DALAM KITAB MANHAJ AS SAWIY

KUN MUHANDIS, MOHAMMAD (2016) KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK ETIKA PESERTA DIDIK MENURUT HABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SMITH DALAM KITAB MANHAJ AS SAWIY. Skripsi thesis, stain kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pemikiran Habib Zein bin Ibrahim bin Smith tentang kepribadian guru dalam kitab Manhaj as-Sawiy. 2. Konsep kepribadian guru dalam kitab Manhaj as-Sawiy karya Habib Zein bin Ibrahim bin Smith. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Hermeneutik dan Content Analysis. Penerapan metode Hermeneutik yaitu : pertama-tama penulis menyajikan apa adanya teks tersebut, kemudian menguraikan data-data terkait biografi pengarangnya, baik beberapa buah karyanya, backgroundnya maupun konteks sosial saat teks tersebut lahir. Selanjutnya setelah melalui proses content analisys, penulis menelaah isi pesan yang ada dalam kitab Manhaj as-Sawiy. Dalam kondisi ini Hermeneutik memerankan peran dirinya sebagai sebuah metode yang menafsirkan atau menginterpretasikan. Kemudian metode content analysis akan mengungkapkan isi kitab Manhaj as-Sawiy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Manhaj as-Sawiy menjelaskan secara detail tentang kepribadian guru untuk menjadikan dirinya sebagai panutan bagi peserta didiknya. Ini merupakan salah satu karangan dari Habib Zein bin Ibrahim bin Smith terkait tentang ketasawwufan guru dalam kehidupan sehari-harinya. Di dalam kitab Manhaj as-Sawiy terdapat beberapa adab (kepribadian) guru, yaitu : adil, la adry, zuhud, tawadhu, mempunyai jiwa sosial tinggi, dan lemah lembut kepada peserta didik. Ini merupakan sarana interaksi antara guru dengan peserta didiknya, untuk memudahkan seorang guru dalam proses belajar mengajar dan mencontohkan kepada peserta didik dalam mengaplikasikan pembelajaran yang sudah didapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru: Habib Zein bin Ibrahim bin Smith: Kitab Manhaj as-Sawiy
Subjects: Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:24
Last Modified: 04 Feb 2017 05:24
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item