IMPLEMENTASI MODEL KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP TAWADLU’ SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD 2 NGEMBAL KULON JATI KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015

Hasanah, Uswatun (2015) IMPLEMENTASI MODEL KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP TAWADLU’ SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD 2 NGEMBAL KULON JATI KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 7.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 8.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 9.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah:(1) Untuk mengetahui Implementasi model keteladanan guru dalam membentuk sikap tawadhu’ siswa pada mata pelajaran PAI di SD 2 Ngembal Kulon Jati Kudus (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi model keteladanan guru dalam membentuk sikap tawadhu’ siswa pada mata pelajaran PAI di SD 2 Ngembal Kulon Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan kedalam bentuk kata-kata.Teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan teknik observasi langsung di SD 2 Ngembal Kulon Jati Kudus, wawancara Secara Mendalam (In-depth interview) dengan Kepala Sekolah Eko Supariyanti, S.Pd., Pengampu mata pelajaran PAI Siti Aminah S. Pd. I, serta beberapa siswa SD 2 Ngembal Kulon Jati Kudus, dokumentasi dan triangulasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan cara teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga langkah. Pertama,yaitu mereduksi data, dengan cara menelaah seluruh data yang telah terkumpul dari berbagai sumber, baik dari wawancara, observasi maupun dokumentasi. Kedua, menyajikan data, dengan cara menyajikan data kedalam bentuk uraian atau cerita rinci yang sesuai dengan ungkapan yang telah didapat. Ketiga,verifikasi, dengan cara menarik kesimpulan atau menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama: dalam implementasi model keteladanan guru dalam membentuk sikap tawadhu’ siswa pada mata pelajaran PAI di SD 2 Ngembal Kulon Jati Kudus tahun ajaran 2014/2015 adalah seorang guru memberikan contoh yang uswatun hasanah atau mempunyai kepribadian yang baik, kepribadian disiplin, kepribadian teladan bagi siswa seperti : berakhlak mulia, jujur, bertutur kata yang baik, dan selalu memberi motivasi kepada peserta didik. Kedua, faktor pendukung implementasi model keteladanan guru dalam membentuk sikap tawadhu’ siswa pada mata pelajaran PAI di SD 2 Ngembal Kulon Jati Kudus yaitu guru itu sendiri yang mampu memberikan keteladanan yang baik kepada peserta didik dan adanya program kegiatan sholat berjama’ah serta adanya kotak amal rutin sepekan sekali, sedangkan faktor penghambat implementasi model keteladanan guru dalam membentuk sikap tawadhu’ siswa pada mata pelajaran PAI di SD 2 Ngembal Kulon Jati Kudus yaitu alokasi waktu pembelajaran PAI dan orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru; Sikap Tawadhu’ Siswa; Mata Pelajaran PAI
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amd Yuyun Yuyun
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:48
Last Modified: 04 Feb 2017 05:48
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item