PENGARUH KEDISIPLINAN KELUARGA DAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI NU ISLAMIYYAH JETISKAPUAN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sya’diyah, Maimunatus (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN KELUARGA DAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI NU ISLAMIYYAH JETISKAPUAN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (971kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (866kB)
[img] Text
04. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (963kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan keluarga dan tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data-data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitian kuantitatif ialah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metoda statistika. Populasi mencakup seluruh siswa di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus dengan jumlah populasi sebanyak 164 siswa. Adapun untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut yaitu 48 sampel, yang dirasakan sudah cukup untuk mewakili populasi. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai interval. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan Keluarga di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus yaitu tergolong “cukup”, karena memiliki nilai rata-rata 81 yang masuk dalam interval 77-84. (2) Tata Tertib Sekolah di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus yaitu tergolong “cukup”, karena memiliki nilai rata-rata 80 yang masuk dalam interval 76-83. (3) Prestasi Belajar Peserta Didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus yaitu tergolong “cukup”, karena memiliki nilai rata-rata 79 yang masuk dalam interval 73-79. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan keluarga dan tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus, diketahui hasilnya dengan berkonsultasi pada F tabel dengan db = m sebesar 2 lawan N-m-1 sebesar 48-2-1= 45, ternyata harga F tabel 5% = 3,20. Jadi 91,106 > 3,20 berarti signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan hasil koefisien diterminasi ( secara simultan memberikan konstribusi sebesar 82,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Keluarga; Tata Tertib Sekolah dan Prestasi Belajar
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 02:36
Last Modified: 05 Feb 2017 02:36
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item