METODE HATAM (HAFAL TANPA MENGHAFALKAN) (STUDI ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI INTERFERENSI RETROAKTIF MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017)

Nur Aisyah, Siti (2017) METODE HATAM (HAFAL TANPA MENGHAFALKAN) (STUDI ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI INTERFERENSI RETROAKTIF MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan) di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Interferensi Retroaktif Menghafal Al-Qur’an Siswa di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan) dalam Mengatasi Interferensi Retroaktif Menghafal Al-Qur’an Siswa di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang di lakukan melalui wawancara kemudian observasi dan dokumentasi. Sumber data di peroleh dari guru tahfidz, pengurus (musrif/musrifah), dan siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan) di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Menurut hasil penelitian di ketegorikan efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan usaha guru tahfidz yang selalu memperhatikan keberhasilan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Selain itu, metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan) diterima oleh siswa dengan baik, karena dirasa mudah dan membuat ingatan bertahan pada jangka panjang. 2) Interferensi Retroaktif Menghafal Al-Qur’an siswa di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Menurut hasil Penelitian di kategorikan berkurang dan lebih baik. Hal tersebut di buktikan dengan banyaknya siswa yang sudah mampu melafalkan ayat Al-Qur’an yang sebelumnya pernah di hafalkan dengan lancar tanpa adanya kekeliruan antara ayat satu dengan ayat yang lainnya. 3) Metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan) dalam Mengatasi Interferensi Retroaktif Menghafal Al-Qur’an Siswa di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Menurut hasil peneliti, di kategorikan signifikan. Hal ini dapat di buktikan bahwa banyak terjadi peningkatan dan itu bisa di lihat dari kelancaran siswa dalam melafalkan ayat Al-Qur’an yang sebelumnya pernah di hafalkannya kemudian dari hasil nilai tahfidz yang sudah mencapai standart KKM dan sudah memenuhi target yang telah di tentukan oleh lembaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan); Interferensi Retroaktif (gangguan kelupaan); Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 03:02
Last Modified: 05 Feb 2017 03:02
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item