METODE KONSELING ISLAM GURU BK DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA KELAS VIII DI MTS. ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sya’roni, Muhammad (2017) METODE KONSELING ISLAM GURU BK DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA KELAS VIII DI MTS. ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB IIIpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan permasalahan (1) Apa saja bentuk kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIII di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017?. (2) Bagaimanakah metode yang dilakukan oleh guru BK dalam mencegah dan mengurangi kenakalan peserta didik di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017?. (3) Bagaimanakah kondisi peserta didik di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara setelah mengikuti konseling Islam para guru BK?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara yang kemudian menjadikan peserta didik sebagai sumber data untuk mendapatkan potret tentang metode konseling Islam yang dilakukan oleh guru BK dalam mengurangi kenakalan yang dilakukan peserta didik. Datanya diperoleh dengan cara wawancara berstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data di analisis dengan pendekatan analisis deskriptif menggunakan logika induksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kenakalan yang dilakukan peserta didik di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara, untuk mengetahui metode konseling yang digunakan guru BK dalam mencegah dan mengurangi kenakalan peserta didik dan untuk mengetahui bagaimana kondisi peserta didik setelah diberi metode konseling atau arahan oleh guru BK di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni penelitian yang berorientasi pada gejala atau fenomena yang bersifat alami. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara tahun ajaran 2016/2017 diantaranya adalah pelanggaran tata tertib madrasah, kurangnya sopan santun atau tatakrama, membolos, membawa HP, atribut seragam yang tidak lengkap, dan bertengkar dengan siswa lain. (2) Metode konseling Islam yang digunakan guru BK dalam mencegah dan mengurangi kenakalan siswa kelas VIII di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara yaitu dengan menggunakan metode konseling individu dan kelompok. Guru BK juga menggunakan siraman rohani seperti istighosah, membaca istighfar dan juga memberi arahan kepada siswa. (3) kondisi peserta didik setelah mengikuti konseling yang diadakan guru BK adalah kenakalan-kenakalan yang dilakukan siswa berangsur-angsur mulai membaik karena adanya sanksi dari guru BK kepada siswa yang kedapatan melakukan kenakalan-kenakalan dilingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Konseling Islam; Kenakalan Siswa
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 03:36
Last Modified: 05 Feb 2017 03:36
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item