PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fahmi, Laila (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (919kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (982kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (976kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (875kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (871kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hal yang melatarbelakangi dilaksanakanya Pendidikan Karakter Berbasis Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa kelas VII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. (4) Untuk mengetahui hasil atau outcome siswa yang positif dari pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (Kepala Madrasah, Guru Aqidah Akhlak dan peserta didik) terkait dengan permasalahan penelitian. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sudah baik, hal ini terlihat dari pelaksanaan pendidikan karakter melalui komunikasi guru dan siswa mampu membentuk kepribadian siswa menjadi berkarakter. (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa di kelas VII MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati adalah: a) Peserta didik. b) Adanya dukungan dari keluarga dan sekolah. c) Kemampuan guru. d) Perlengkapan sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat adalah : a) Peserta didik. b) Kemampuan guru. c) lingkungan. d) Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Komunikasi Interpersonal; Aqidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Interaksi Sosial
Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:24
Last Modified: 05 Feb 2017 04:24
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item