PENGARUH METODE MUROTTAL IRAMA QUR’AN (MURI-Q) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA MUATAN LOKAL MUHAFADHOH DI MTS NASYRUL ULUM KLAMBU GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Aulia, Dini Fahriyati (2016) PENGARUH METODE MUROTTAL IRAMA QUR’AN (MURI-Q) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA MUATAN LOKAL MUHAFADHOH DI MTS NASYRUL ULUM KLAMBU GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode murottal irama Qur’an (Muri-Q) terhadap peningkatan kemampuan menghafal surat-surat pendek pada muatan lokal muhafadhoh di MTs Nasyrul Ulum Klambu Grobogan. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode angket, metode observasi, dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas VII di MTs Nasyrul Ulum Klambu Grobogan, dengan jumlah sampel 68 responden dari 135 siswa kelas VII. Sebelum penelitian angket 15 dari variabel (X) dan 15 dari variabel (Y) disebarkan di MTs Nasyrul Ulum untuk uji try out yang dibagikan kepada 30 responden. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel X dan Y semuanya valid. Hasil uji reliabilitas untuk variabel X 0,848 > 0,60 dan variabel Y 0,873 > 0,60, maka kedua variabel tersebut dikatakan reliabel. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode murottal irama Qur’an (Muri-Q) di MTs Nasyrul Ulum Klambu Grobogan termasuk kategori baik, hasil ini dapat dilihat dari hasil analisa menunjukkan nilai mean 45,07, apabila dalam interval nilai terdapat antara interval (45 – 51) dengan kategori baik. Peningkatan kemampuan menghafal surat-surat pendek pada muatan lokal muhafadhoh di MTs Nasyrul Ulum Klambu Grobogan juga termasuk ke dalam kategori baik, hasil ini dapat dilihat dari hasil analisa menunjukkan nilai mean 46,65, apabila dalam interval nilai terdapat antara interval (45 – 52) dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh metode murottal irama Qur’an (Muri-Q) terhadap peningkatan kemampuan menghafal surat-surat pendek pada muatan lokal muhafadhoh di MTs Nasyrul Ulum Klambu Grobogan. Hal ini berdasarkan nilai Freg = 48,5 kemudian dikonsultasikan pada Ftabel yakni 3,99, maka diketahui nilai Freg lebih besar dari Ftabel (48,5 > 3,99). Dari hasil perhitungan, besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 42,4%. Hal ini berarti pengaruh metode murottal irama Qur’an (Muri-Q) terhadap peningkatan kemampuan menghafal surat-surat pendek pada muatan lokal muhafadhoh di MTs Nasyrul Ulum Klambu Grobogan sebesar 42,4%, sedangkan sisanya 100% - 42,4% = 57,6% adalah pengaruh lain diluar metode pembelajaran yang diteliti yang diduga faktor intern dan ekstern yang mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Murottal Irama Qur’an (Muri-Q); Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek;
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:31
Last Modified: 05 Feb 2017 04:31
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item