PENGARUH METODE INQUIRY DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ridho, Fahrus Anam Ari (2016) PENGARUH METODE INQUIRY DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (9MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Tujuan yang pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo. Tujuan yang ketiga adalah untuk mengetahui pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara yakni pada kelas XI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas XI IPS I, XI IPS II, XI IPS III dan XI IPA 1 sejumlah 149 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 110 peserta didik dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan uji asumsi klasik dan analisis statistik uji hipotesis yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inquiry dalam kategori baik yaitu 69,77, metode problem solving dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih dalam kategori baik, masing-masing 64,55 & 65,03. Dari hasil uji hipotetis, terdapat pengaruh antara metode inquiry, metode problem solving, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2016/20117, hal ini terbukti dari hasil rhitung sebesar 0,871 lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0,256 maupun pada taraf kesalahan 5% = 0,195, ini berarti ada pengaruh yang positif antara metode inquiry, metode problem solving, terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2016/20117. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 0.758 atau 75.8 %. Hal ini berarti pengaruh adalah sebesar 75.8 % sedang sisanya 100% - 75.8 % = 24.2% merupakan variabel lain yang belum diteliti peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry; Metode Problem Solving dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:36
Last Modified: 05 Feb 2017 04:36
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item