ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2015

Riyanto, Agus (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2015. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji secara empiris dan menganalisi pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performin Financing (NPF), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Inflasi terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2010-2015. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank umum syariah di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode 2010-2015. Data di peroleh berdasarkan publikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan bank yang bersangkutan periode 2010-2015. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 5 bank dari 12 bank umum syariah di Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik. Untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Dalam periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, yaitu berdasarkan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini berarti bahwa data yang tersedia sudah memenuhi syarat untuk digunakan dengan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performin Financing (NPF), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Inflasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas bank umum syariah dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) pada bank umum syariah menunjukkan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performin Financing (NPF), dan Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank umum syariah karena memiliki signifikansi sebesar 0,463, 0,803 dan 0,268 yang berarti berada diatas α sebesar 0,05. Sedangkan variabel Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), danFinancing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank umum syariah karena mempunyai signifikansi sebesar 0.000 dan 0,012 yang berarti berada di bawah α sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Non Performin Financing (NPF); Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO); Financing to Deposit Ratio (FDR); Inflasi dan profitabilitas (ROA)
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan
Divisions: Pasca Sarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 05:06
Last Modified: 05 Feb 2017 05:06
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item