EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA MELALUI DAKWAH TRAINING DI MTs NU RAUDLATUS SHIBYAN PEGANJARAN BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Ridwan, Mohamad Ali (2016) EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA MELALUI DAKWAH TRAINING DI MTs NU RAUDLATUS SHIBYAN PEGANJARAN BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan diri pada dasarnya merupakan kegiatan-kegiatan yang diprioritaskan tertuju kepada peserta didik. Peserta didik diberi leluasa untuk mengasah bakat - bakat yang dimilikinya. Di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus merupakan lembaga yang mempunyai beberapa kegiatan pengembangan diri. Salah satu kegiatan pengembangan diri yang diunggulkan adalah Dakwah Training, sebab penerapannya di sekolah ini sangat diwajibkan bagi semua siswa mulai dari kelas VII sampai kelas IX. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan dakwah training di MTs NU Raudlatus Shibyan. (2) Untuk mengetahui implementasi pelasanaan kegiatan pengembangan diri siswa melalui dakwah training di MTs NU Raudlatus Shibyan (3) Untuk megetahui pelasanaan kegiatan pengembangan diri siswa melalui dakwah training di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapatkan diantaranya yaitu: (1) Pelaksanaan kegiatan dakwah training di MTs NU Raudlatus Shibyan dilaksanakan setiap dua minggu sekali yaitu pada hari sabtu pagi pukul 07.00 – 07.40 WIB (40 menit) dan didalam kegiatannya mencakup acara MC, Qiro’ah, Sholawat dan Al-Barjanzi, Tahlil beserta Do’a dan juga Khitobah atau Pidato. Sebelum melakukan kegiatannya peserta didik diberikan pendampingan berupa menulis MC, menghafalkan tahlil dan menulis pidatao. (2) Implementasi pelaksanaan kegiatan pengembangan diri siswa melalui dakwah training di MTs NU Raudlatus Shibyan bahwa penerapan kegiatan pengembangan diri di MTs Raudlatus Shibyan peserta didik diwajibkan untuk mengikuti beberapa kegiatan yang ada. Salah satu kegiatan yang diwajibkan yaitu dakwah training dan kegiatan ini wajib di ikuti oleh semua peserta didik. (3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan pengembangan diri siswa melalui dakwah training di MTs NU Raudlatus Shibyan yaitu dengan penilaian afektif atau sikap melalui teknik observasi. Penilaiannya itu dilakukan berdasarkan keaktifan dan kelancaran peserta didik dalam mengemban tugas. Hal ini dapat dilihat melalui jurnal petugas dalam kegiatan dakwah training.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Diri dan Dakwah Training
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 05:09
Last Modified: 05 Feb 2017 05:09
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item