PENGARUH METODE STUDI KASUS DAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nikmah, Lailatul (2017) PENGARUH METODE STUDI KASUS DAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan(1)untuk mengetahui metode studi kasus, strategi active knowledge sharing dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak(2)untuk mengetahui pengaruh metode studi kasus terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak (3)untuk mengetahui pengaruh strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak (4)untuk mengetahui pengaruh metode studi kasus dan strategi active knowledge sharing secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan tes tertulis. Hal ini dimaksudkan untuk menghimpun data serta menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas XII, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 78. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa1)Pelaksanaan metode studi kasus, strategi active knowledge sharing dalam kategori baik yaitu sebesar 47,94& 47,78 dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih dalam kategori baik sebesar 48,11. 2)Terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan & positif antara penerapan metode studi kasus dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan menggunakan model Ŷ = 2,854+0,944 X1.3)Terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan & positif antara penggunaan strategi active knowledge sharing dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan menggunanakan model Ŷ = 2,913+ 0,946X2. 4)Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode studi kasus dan strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan menggunakan model Ŷ = 0,066 + 0,574 X1 + 0,429 X2, serta secara simultan terdapat hubungan yang positif & signifikan dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran metode studi kasus (X1); strategi activeknowledge sharing dan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih
Subjects: Agama
Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 05:47
Last Modified: 05 Feb 2017 06:04
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item