IMPLEMENTASI STRATEGI MATRIKS INGATAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NU THOLIBIN TANJUNGKARANG JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syilvia, Devi (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI MATRIKS INGATAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NU THOLIBIN TANJUNGKARANG JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pembelajaran Fiqih di MI NU Tholibin Tanjungkarang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi matriks ingatan pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Tholibin Tanjungkarang Jati Kudus tahun pelajaran 2016/2017, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi matriks ingatan pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Tholibin Tanjungkarang Jati Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1) teknik observasi, 2) teknik wawancara, dan 3) teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran Fiqih di MI NU Tholibin Tanjungkarang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 telah menempuh beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. a) Tahap perencanaan meliputi pembuatan silabus dan RPP yang di dalamnya terdapat rancangan tujuan pembelajaran, metode, strategi, materi, sumber dan media, dan alokasi waktu. b) Tahap pelaksanaan meliputi semua proses pembelajaran di kelas yang mengacu pada rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Adapun dalam pelaksanaannya menggunakan tahap prainstruksional, instruksional, dan evaluasi. c) Tahap evaluasi meliputi penilaian terhadap hasil belajar dan proses pembelajaran yang telah berlangsung dari awal hingga akhir. 2) Pelaksanaan strategi matriks ingatan pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Tholibin Tanjungkarang Jati Kudus tahun pelajaran 2016/2017 telah terlaksana yang ditandai dengan tugas yang diberikan oleh guru kepada peserta didik melalui singgungan langsung terhadap kolom-kolom yang diharapkan akan berkesan bagi peserta didik dan akan mampu menjadi kelas yang efektif. Kunci dalam pembelajaran ini adalah beraktivitas, dengan harapan siswa mampu mengingat, menghafal, dan memahami apa yang didengar, dilihat, dan ditanyakan, kemudian dipahami untuk kemudian diterapkan. 3) Faktor pendukung meliputi: a) tingginya semangat belajar peserta didik, b) tingginya perhatian dan pemikiran peserta didik terhadap pelajaran yang mereka pelajari, c) bahan ajar yang mudah dipelajari di dalam kelas, d) adanya hubungan sosial antar individu peserta didik sehingga menimbulkan rasa harga diri, toleransi, demokratis, dan berpikir kritis. Sedangkan faktor penghambat meliputi: a) adanya peserta didik yang kurang berpartisipasi secara aktif sehingga menimbulkan sikap cuek dan acuh tak acuh sehingga tidak bertanggung jawab atas tugasnya itu dan b) sulit meramalkan hasil yang dicapai karena penggunaan waktu yang terlalu panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Matriks Ingatan; Mata Pelajaran; Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 02:42
Last Modified: 11 Feb 2017 02:42
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item