PERAN KEGIATAN KEAGAMAAN IKATAN REMAJA MASJID (IRMAS) BAITURRAHMAN DALAM MEMBENTUK UKHUWAH ISLAMIYAH REMAJA DESA TUGULOR KARANGANYAR DEMAK

ALFARIZI, AJAR (2017) PERAN KEGIATAN KEAGAMAAN IKATAN REMAJA MASJID (IRMAS) BAITURRAHMAN DALAM MEMBENTUK UKHUWAH ISLAMIYAH REMAJA DESA TUGULOR KARANGANYAR DEMAK. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Remaja yang dalam bahasa aslinya disebut adolescence yang artinya tumbuh atau tumbuh untuk mencapai kematangan. Remaja merupakan individu yang masih berada dalam tahap labil. Dalam mempersiapkan diri agar berhasil dalam pergaulan, memang faktor lingkungan sangat berpengaruh lebih-lebih pendidikan dari keluarga yang sangat besar pengaruhnya. kegiatan keagamaan di Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Baiturrahman Desa Tugulor Karanganyar Demak memiliki peran yang sangat penting dan positif bagi remaja, dimana perkembangan demi perkembangan remaja menunjukkan perilaku yang baik, sopan, dan mampu menghormati orang yang lebih tua dan menghargai dan mampu menjalin komunikasi yang baik dengan sesama remaja dan masyarakat. kegiatan keagamaan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) terhadap kehidupan remaja di Desa Tugulor Karanganyar Demak, sangatlah berpengaruh dalam merubah perilaku dan dapat menumbuhkan Ukhuwah Islamiyah antar para remaja dan masyarakat. Dengan adanya kegiatan keagamaan dalam membentuk Ukhuwah Islamiyah remaja akan merasakan kehidupan bermasyarakat yang lebih harmonis, karena perbedaan yang ada tidak akan menimbulkan pertentangan dan permasalahan, justru akan menjadikan kehidupan kita semakin indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kehidupan remaja di Desa Tugulor Karanganyar Demak, untuk mengetahui peran kegiatan keagamaan IRMAS di Desa Tugulor Karanganyar Demak, untuk mengetahui bagaimanakah nilai yang di bangun dari pola Ukhuwah Islamiyah remaja Masjid Baiturrahman Desa Tugulor Karanganyar Demak, semua kerangka permasalahan diatas didekati dengan metode kualitatif, melakukan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1. Remaja merupakan individu yang sangat labil sehingga mereka memerlukan pendidikan baik secara formal maupun nonformal, lebih-lebih pendidikan dari orang tua dan keluarga yang sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang remaja itu sendiri. 2. Kegiatan keagamaan sangat berperan penting bagi karakter remaja, lebih-lebih untuk mengisi waktu luang mereka supaya tidak digunakan untuk hal-hal yang negatif. 3. Nilai yang terbangun dari adanya kegiatan keremajaan yang dalam hal ini lebih difokuskan pada kegiatan IRMAS dalam membentuk Ukhuwah Islamiyah remaja adalah mereka dapat berprilaku sopan terhadap orang yang lebih tua darinya, saling menghargai, serta gotong-royong antar remaja dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Remaja; Agama; Ukhuwah Islamiyah
Subjects: Agama
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Komunukasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 02:50
Last Modified: 11 Feb 2017 03:43
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item