MODEL KOMUNIKASI SEILER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NU MAWAQI’UL ULUM MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Khalid, Idzam (2017) MODEL KOMUNIKASI SEILER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NU MAWAQI’UL ULUM MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (864kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (862kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (893kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (962kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (898kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (865kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Model komunikasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, implementasi Model komunikasi Seiler dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta Apa saja faktor yang mendorong dan menghambat Model komunikasi Seiler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus, mengenai implementasi model Komunikasi seiler, kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IX, dan penerapan model Komunikasi Seiler pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) pelaksanaan Model komunikasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berdasarkan hasil penelitan adalah baik. hal ini dibuktikan Dalam pembelajaran tidak hanya menggunakan satu model saja akan tetapi dikombinasikan dengan model yang lain, yaitu model komunikasi antarpersona, bentuk komunikasi kelompok dan komunikasi Seiler sehingga pembelajaran itu tidak monoton dan dapat dipahami oleh siswa; 2)penerapan Model Komunikasi Seiler dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman dan aktivitas belajar siswa dalam belajar, dengan adanya model komunikasi Seiler, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran yang berlangsung mempresentasikan atau menjadi fasilitator di depan teman-temannya. Sebagian besar guru telah menggunakan interaksi belajar mengajar, yang didukung juga dengan fasilitas-fasilitas dan media belajar yang lengkap sesuai kebutuhan, seperti perpustakaan, mushola, ruang kelas, serta LCD Proyektor, hal ini agar tercipta komunikasi yang efektif antar siswa dengan siswa maupun dengan guru; 3) Berdasarkan faktor yang mendorong yaitu tingkat kemampuan guru yang baik, adanya kreativitas siswa, dan fasilitas pembelajaran yang mendukung, sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu dari siswa sendri, adanya kurang perhatian dari pihak keluarga siswa, tetapi semua hal itu dapat diatasi guru dengan meningkatkan kreativitas belajar pesera didik. Guru dapat memaksimalkan potensi siswa yang selalu ikut aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model; Komunikasi Seiler; Aktivitas; Belajar Siswa; Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Geografi dan sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 03:01
Last Modified: 11 Feb 2017 03:01
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item