PENANGANAN PERILAKU BULLYING DI KALANGAN SISWA OLEH GURU AQIDAH AKHLAK DAN GURU BK (STUDI KASUS DI SMP ISLAM AR-RA’IS KECAPI TAHUNAN JEPARA

Musaffak, Urip (2017) PENANGANAN PERILAKU BULLYING DI KALANGAN SISWA OLEH GURU AQIDAH AKHLAK DAN GURU BK (STUDI KASUS DI SMP ISLAM AR-RA’IS KECAPI TAHUNAN JEPARA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8.Bab 5.pdf

Download (7MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying di SMP Islam Ar-Ra’is Kecapi Tahunan Jepara, Untuk mengetahui upaya guru Aqidah Akhlak dan guru BK dalam menekan perilaku bullying di SMP Islam Ar-Ra’is Kecapi Tahunan Jepara, Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Aqidah Akhlak dan guru BK dalam menangani perilaku bullying di SMP Islam Ar-Ra’is Kecapi Tahunan Jepara Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan adalah, penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapu teknik analisis data dengan mereduksi, penyajian data dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) Bentuk-bentuk perilaku bullying di SMP Islam Ar-Rais Kecapi Tahunan Jepara adalah perilaku bullying yang dilakukan secara kata-kata tidak fisik, seperti peserta didik yang suka mendominasi peserta didik yang lain, peserta didik yang suka memanfaatkan peserta didik lain untuk mendapatkan yang diinginkannya atau disuruh-suruh. Ada juga kasus saling mengejek atau memberi nama panggilan yang tidak wajar dan Berkata jorok kepada teman yang lainnya, berkata yang menekan, menyebarluaskan aib (kejelekan) teman yang lainnya, mengasingkan teman (tidak mengikutsertakan dalam interaksi sosial dengan teman-temannya). (2) Upaya yang dilakukan guru Aqidah Akhlak dan guru BK dalam menekan perilaku bullying di SMP Islam Ar-Ra’is Kecapi Tahunan Jepara adalah Saling bertukar informasi, memberikan bimbingan kepada siswa yang bersangkutan, guru-guru yang lain juga ikut menasehati ketika mengetahui siswa yang melakukan perbuatan tersebut, memberikan hukuman bagi yang melakukan perbuatan yang melanggar tata tertib sekolah, diantaranya bullying, menciptakan budaya sekolah yang beratmosfer belajar yang baik, menata lingkungan sekolah dengan baik. (3) Kendala yang dihadapi oleh guru Aqidah Akhlak dan Guru BK dalam menangani perilaku bullying di SMP Islam Ar-Rais Kecapi tahunan jepara adalah Kendala yang berhubungan dengan guru, meliputi kepribadian guru yang kurang terbuka, kemudian kurang kompetensi profesionalitasnya. Kendala yang berhubungan dengan peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal yang meliputi : kondisi fisik, rohani atau psikologis siswanya dan kemudian faktor eksternal peserta didik, meliputi : lingkungan sosial peserta didik Dan siswa yang kurang mengerti akan pentingnya bimbingan konseling, dan tak semuanya guru yang mengajar di sekolah ini memantau secara menyeluruh keadaan sosial peserta didik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, dan di samping itu, faktor lingkungan yang tidak kondusif juga mendorong peserta didik untuk mengimitasi perbuatan yang tidak baik. Kata Kunci : Perilaku, Bullying, Aqidah, Akhlak, BK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 03:04
Last Modified: 11 Feb 2017 03:04
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item