IMPLEMENTASI STRATEGI DISCOVERY LEARNING & EXPOSITION LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU NURUSSALAM BESITO KUDUS

Sirril Muna, Muhammad (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI DISCOVERY LEARNING & EXPOSITION LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU NURUSSALAM BESITO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (864kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (874kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (892kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (910kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (871kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (866kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi discovery learning & exposition learning untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih serta faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan strategi discovery learning & exposition learning . Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara dengan kepala sekolah, pendidik Fiqih, peserta didik kelas X dan observasi lokasi penelitian dan kegiatan belajar mengajar. Sumber data sekunder meliputi sejarah berdirinya, visi dan misi, daftar pendidik dan peserta didik, struktur kepengurusan, jadwal kegiatan pembelajaran peserta didik, program kegiatan peserta didik,serta foto-foto dan gambar MA NU Nurussalam Gebog Kudus. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1). Penerapan strategi discovery learning & exposition learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MA NU Nurussalam berdasarkan penelitian adalah baik. Ditandai dengan peserta didik yang kurang aktif menjadi aktif berpikir dan kritis dalam bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Dengan adanya strategi discovery learning & exposition learning , peserta didik dituntut untuk berani mempresentasikan dan mempraktekkan dari manfaat/hikmah dari gerakan sholat; 2). Faktor pendukung dan penghambat keampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan strategi discovery learning & exposition learning pada mata pelajaran Fiqih, faktor pendukungnya dari segi internal yaitu tingkat intelegensi yang tinggi, rasa penasaran dan keingintahuan peserta didik terhadap materi pembelajaran, kepercayaan diri yang baik. Faktor pendukung dari segi eksternal yaitu sikap pendidik yang terbuka dan humoris, motivasi belajar dari orang tua dan pendidik, fasilitas sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya dari segi internal yaitu egoisme peserta didik, ketidaksiapan peserta didik menerima tugas. Faktor penghambat dari segi eksternal yaitu Adanya masalah dalam keluarga peserta didik, kurangnya pemberian motivasi, komunikasi dan pengertian dari keluarga, penggunaan fasilitas elektronik di rumah yang kurang bijaksana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning & exposition learning; Berpikir Kritis Peserta Didik; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 03:06
Last Modified: 11 Feb 2017 03:06
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item