ANALISIS PELAKSANAAN SCHOOL BASED MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMA Rifaiyah Pati Tahun Ajaran 2016/2017)

Alhudi Khoirin, Ali (2017) ANALISIS PELAKSANAAN SCHOOL BASED MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMA Rifaiyah Pati Tahun Ajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

SMA Rifaiyah merupakan lembaga pendidikan formal tingkat menengah atas milik swasta yakni milik yayasan Rifaiyah Pati, dan satu-satunya SMA di kecamatan Kayen yang menerapkan model pengelolaan dengan School Based Management, yaitu suatu stategi pengelolaan lembaga pendidikan yang menitik beratkan pada pengerahan dan pendayagunaan sumber daya internal sekolah dan lingkungannya secara efektif dan efisien untuk mewujudkan tujuan tertentu yang dilakukan secara mandiri. SMA Rifaiyah Pati telah sukses mengelola pendidikan dengan baik bahkan lembaga ini banyak menorehkan prestasi baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten bahkan tingkat Provinsi, dan lembaga ini dimata masyarakat juga famous sukses dalam mengelola Pendidikan Agama Islam. Dengan kata lain bahwa lembaga dijadikan wadah atau sarana dakwah untuk mengantarkan siswa-siswi menuju generasi yang berpengalaman, berilmu, bertaqwa dan berahlak mulia. Dengan segala kesuksesan SMA Rifaiyah tersebut justru menjadi permasalahan bagi penulis, karena dalam menerapkan School Based Management pada sekolahan yang tidak cukup besar tentu tidaklah mudah. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam dengan judul “ANALISIS PELAKSANAAN SCHOOL BASED MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMA Rifaiyah Pati Tahun Ajaran 2016/2017)”. Kemudian penulis merumuskan tiga pokok permasalahan yaitu: 1) Bagaimana pelaksaannya School Based Management, 2) Bagaiamana langkah mengoptimalkan komponen-komponen School Based Management, dan 3) Apa upaya-upaya dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam. Dalam mencapai tujuan penelitian tersebut, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru beserta jajarannya, data sekunder yaitu melalui buku, journal maupun internet, dan tersier yaitu melalui kamus dan insiklopedia. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapaun proses analisis data menggunakan teori Miles and Hubberman yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksaan School Based Management di SMA Rifaiyah yaitu dilakukan sebagaimana teori manajemen pendidikan namun mengalami perampingan struktur lembaga pendidikan dan pelimpahan sebagian tugas, dari komponen satu ke komponen lainnya. 2) Optimalisasi komponen-komponen sekolah yaitu denga cara membuat kontrak kerja, keteladanan, Reaword and Punisment, peningkata SDM dan monitoring berkelanjutan. 3) Upaya-upaya peningkatan Pendidikan Agama Islam di SMA Rifaiyah yaitu melalui pengajaran yang mencakup berbagai ranah Pendidikan Agama Islam yakni unsur pengetahuan, spiritual, emosi dan juga unsur keterampilan. Saran praktis, penulis merekomendasikan kepada manajer sekolah supaya terus mengembangkan profesinya, dan seluruh elemen sekolah bersama-sama memperjuangkan kesejahteraan guru. Kata Kunci: School Based Management, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:13
Last Modified: 11 Feb 2017 04:13
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item