PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN HARGA JUAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PENGUSAHA MUSLIM TENUN TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN 2015

Ariyanto, Iseh (2017) PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN HARGA JUAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PENGUSAHA MUSLIM TENUN TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN 2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (855kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (871kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penentuan biaya produksi dan harga jual merupakan dua faktor yang sangat penting dalam dunia usaha. Selain menyediakan barang dan jasa, para pengusaha mempunyai tujuan untuk memenuhi tingkat pendapatan yang sesuai dengan harapan mereka. Pemenuhan kualitas produk yang lebih baik maupun harga yang bersaing merupakan tantangan tersendiri bagi para pengusaha muslim tenun Troso Pecangaan Jepara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan harga jual terhadap tingkat pendapatan pengusaha muslim tenun Troso Pecangaan Jepara periode tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Survey Explanatory dengan menggunakan metode angket adapun teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh yang disebarkan ke 60 pengusaha muslim tenun ikat yang ada di Desa Troso. Hasil penelitian ini menunjukkan biaya produksi berpengaruh terhadap tingkat pendapatan dengan uji statistik koefisien regresi sebesar 0,230, t hitung lebih besar dari t tabel (2,400 > 2,002) dan nilai p value (Sig) 0,02 yang berada di bawah 0,05 (tingkat signifikan). Harga jual berpengaruh terhadap tingkat pendapatan dengan uji statistik koefisien regresi sebesar 0,249, dan t hitung lebih besar dari t tabel (2,080> 2,002) dan nilai p value (Sig) 0,42 yang berada di bawah 0,05 (tingkat signifikan). Hal ini menunjukkan uji parsial yang menyatakan bahwa biaya produksi dan harga jual berpengaruh positif terhadap tingkat pendapatan. Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara biaya produksi dan harga jual terhadap tingkat pendapatan terlihat dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel (7,725 > 3,159) dan nilai P Value 0,001.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi; Harga Jual; Tingkat Pendapatan
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 03:57
Last Modified: 11 Feb 2017 03:57
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item