IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PERTANYAAN YANG DISIAPKAN (PLANTED QUESTIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS SUNAN MURIA GUNUNGWUNGKAL PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Khoirul Mufti, Muhammad (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PERTANYAAN YANG DISIAPKAN (PLANTED QUESTIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS SUNAN MURIA GUNUNGWUNGKAL PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (915kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (948kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. . BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran pertanyaan yang disiapkan (planted questions) untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI dan dampak yang muncul serta faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan strategi pembelajaran pertanyaan yang disiapkan (planted questions). Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, uji transferability, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru SKI dan peserta didik kelas VIII A MTs Sunan Muria Gunungwungkal Pati. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri dan keaktifan siswa di dalam kelas yang ditandai dengan siswa yang kurang aktif menjadi aktif untuk berani bertanya dan memiliki kepercayaan diri untuk bertanya. Dampak positif yang muncul di antaranya adalah membuat siswa yang kurang aktif menjadi aktif dengan adanya pertanyaan rekayasa yang diberikan oleh guru, membangkitkan rasa percaya diri peserta didik untuk berani bertanya, menjadikan proses pembelajaran menjadi aktif karena siswa antusias untuk bertanya. Dampak negatif yang muncul di antaranya adalah jika benar-benar ada siswa yang ingin bertanya tetapi jam pelajaran sudah habis maka siswa tersebut akan merasa kecewa, pembelajaran akan merasa menjenuhkan bagi siswa yang tidak aktif dan tidak kebagian pertanyaan yang diberikan oleh guru. Faktor yang menjadi pendukung adalah kerjasama yang baik antara guru dan siswa dalam penerapan strategi pertanyaan yang disiapkan (planted questions), sarana prasarana pembelajaran yang memadai, kondisi ruang belajar yang nyaman. Faktor yang menjadi penghambat adalah masih ada siswa yang tidak bisa diajak bekerjasama dalam penerapan strategi pertanyaan yang disiapkan (planted questions). Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pembelajaran bagi para pemegang kebijakan maupun para guru mata pelajaran SKI untuk lebih menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Kata Kunci: Implementasi, Strategi, Planted, Questions, Kepercayaan, Diri, Keaktifan, SKI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 03:57
Last Modified: 11 Feb 2017 03:57
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item