PENERAPAN MODEL PENGAJARAN QUALITY, APPROPRIATNES, INCENTIVES, TIME (QAIT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS

Jannah, Zukhruful (2017) PENERAPAN MODEL PENGAJARAN QUALITY, APPROPRIATNES, INCENTIVES, TIME (QAIT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model mengajar adalah cara yang digunakan pendidik dalam berhubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya pembelajaran. Oleh karena itu model pengajaran sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar secara efektif. Dengan model ini diharapkan tumbuh motivasi belajar peserta didik, dengan kata lain meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan Model Pengajaran QAIT dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan 2) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas XI setelah diterapkannya Model Pengajaran QAIT serta 3) Mengetahui apa saja kendala-kendala yang terjadi saat diterapkannya model Pengajaran QAITdi MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. Dalam penelitian skripsi ini digunakan jenis pendekatan lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berupa kata-kata. Lokasi penelitian skripsi ini berada di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber data yaitu primer (kepala sekolah, guru mapel SKI, siswa kelas XI) dan data skunder (data yang mendukung baik berupa file madrasah, buku, maupun informasi lain yang relevan dengan penelitian ini). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pengajaran QAITpada pembelajaran SKI mulai dari Quality: guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan menentukan materi yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan silabus. Appropriatnes: selanjutnya guru juga melihat ketepatan materi tersebut untuk siswa. Incentive: saat pembelajaran berlangsung, guru memberikan motivasi ke siswa berupa Reward atau hadiah. Time: guru memberikan waktu yang cukup kepada siswa untuk memberikan perhatian pada pembelajaran. Perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik dan membuat keaktifan belajar siswa menjadi meningkat. Proses penerapan Model Pengajaran QAIT pada pembelajaran SKI ini tidak luput dari adanya kendala-kendala yang dihadapi seperti waktu pembelajaran SKI di jam siang dan adanya siswa yang pasif. Kata Kunci: Model Pengajaran Quality, Appropriatnes, Incentives, Time (QAIT), Keaktifan Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:12
Last Modified: 11 Feb 2017 04:12
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item