ANALISIS DAMPAK SOSIOLOGIS DAN YURIDIS AKURASI ARAH KIBLAT MASJID DI DESA SENDANG KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA

QORIB MAULANA, AHMAD (2017) ANALISIS DAMPAK SOSIOLOGIS DAN YURIDIS AKURASI ARAH KIBLAT MASJID DI DESA SENDANG KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FIle 6 Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menghadap arah Kiblat merupakan suatu yang penting dalam syariat Islam. Menurut hukum syariat, menghadap ke arah kiblat diartikan sebagai seluruh tubuh atau badan seseorang menghadap ke arah Ka'bah yang terletak di Makkah yang merupakan pusat tumpuan umat Islam bagi menyempurnakan ibadah - ibadah tertentu. Menghadap kearah kiblat menjadi syarat sah bagi umat Islam yang hendak menunaikan shalat baik shalat fardhu lima waktu sehari semalam atau shalat – shalat sunat yang lain. Kaidah dalam menentukan arah kiblat memerlukan suatu ilmu khusus yang harus dipelajari atau sekurang - kurangnya meyakini arah yang dibenarkan agar sesuai dengan syariat. Penulis mengambil judul akurasi arah kiblat masjid di Desa Sendang Kecamatan Klainyamatan Kabupaten Jepara yang terdiri dari masjid An Nur 1, Masjid An Nur 2 dan Masjid At Taqwa untuk mengetahui akurasi arah kiblat masjid di Desa Sendang, Kalinyamatan, Jepara dan respon masyarakat desa Sendang terhadap pengecekan ini. Penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) untuk mengecek kembali arah kiblat masjid dan metode wawancara (interview) kepada masyarakat desa Sendang untuk mengetahui respon mereka terhadap pengecekan yang penulis lakukan. Penulis melakukan pengecekan arah kiblat masjid di Desa Sendang, Kalinyamatan, Jepara, dengan metode kiblat setiap saat menggunakan data bayang - bayang matahari. Metode ini adalah metode yang digunakan dikembangkang oleh Slamet Hambali yang merupakan salah satu ahli falak di Indonesia. Dari hasil penelusuran penulis masjid di desa Sendang, Kalinyamatan, Jepara ada yang sudah dilakukan pengecekan arah kiblatnya dan ada pula yang belum dilakukan pengecekan arah kiblatnya. Penulis melakukan wawancara dengan pengurus masjid di Desa Sendang, Kalinyamatan, Jepara mengenai respon mereka terhadap pengecekan yang telah penulis lakukan. Pengurus masjid desa Sendang, Kalinyamatan, Jepara tidak ingin mengubah shaf shalat dengan alasan menghormati jasa dari sesepuh. Hasil pembahasan skripsi ini adalah arah kiblat masjid di Desa Sendang, Klainyamatan, Jepara kurang melenceng ke utara dengan ukuran kurang dari 0 dan arah kiblat ini tergolong bagus untuk masjid-masjid yang masih sederhana dalam menentukan arah kiblat. Hasil wawancara dengan pengurus dan masyarakat Desa Sendang adalah mereka tidak ingin shaf shalat masjid di Desa Sendang, Kalinyamatan, Jepara dirubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Masjid di Desa Sendang; Kalinyamatan; Jepara –Arah kiblat
Subjects: Agama
Ilmu-Ilmu Murni > Astronomi
Geografi dan sejarah
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ahwal Syakhsiyyah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:21
Last Modified: 11 Feb 2017 04:21
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item