PENGARUH PENDEKATAN KEKUASAAN DAN ANCAMAN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 1 MAYONG KIDUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Zaroh, Fera Datuz (2016) PENGARUH PENDEKATAN KEKUASAAN DAN ANCAMAN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 1 MAYONG KIDUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (532kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pendekatan kekuasaan, ancaman dan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI di SDN 1 Mayong Kidul (2) untuk mengetahui pengaruh pendekatan kekuasaan terhadap kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI di SDN 1 Mayong Kidul (3) untuk mengetahui pengaruh pendekatan ancaman terhadap kedisiplinan pada pembelajaran PAI di SDN 1 Mayong Kidul (4) untuk mengetahui pengaruh pendekatan kekuasaan dan pendekatan ancaman secara simultan terhadap kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI di SDN 1 Mayong Kidul. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah tetapi didahului semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di SDN 1 Mayong Kidul yakni pada ruang lingkup kelas V&VI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas V&VI, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut & jumlah sampel 40. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pendekatan kekuasaan dalam kategori baik yaitu sebesar 72, sedangkan pendekatan ancaman dalam kategori cukup yaitu sebesar 50,4 dan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI dalam kategori baik sebesar 86,4. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pendekatan kekuasaan dengan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI, dengan menggunakan model Ŷ=26,510+0,820 X1, & hubungan keduanya positif & sangat signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan antara penggunaan pendekatan ancaman dengan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI, dengan menggunakan model Ŷ=21,665+1,298X2, hubungan keduanya positif & sangat signifikan. 4) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara penggunaan pendekatan kekuasaan dan pendekatan ancaman terhadap kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI, dengan menggunakan model Ŷ=12,741+0,410 X1+0,881X2, dan hubungan pendekatan kekuasaan dan pendekatan ancaman secara simultan dengan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran PAI adalah positif & sangat signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kekuasaan; pendekatan ancaman; kedisiplinan dan pembelajaran PAI
Subjects: Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:41
Last Modified: 11 Feb 2017 04:41
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item