PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII DI MTS NU TBS KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Khairuzzadittaqwa, Khairuzzadittaqwa (2017) PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII DI MTS NU TBS KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
File 1 Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 5 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 7 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 9 DaftarPustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs NU TBS Kudus tahun ajar 2016 / 2017. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs NU TBS Kudus tahun ajar 2016 / 2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode teknik analisis data kualitatif deskriptif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MTs NU TBS Kudus. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs NU TBS Kudus tahun pelajaran 2016 / 2017 adalah yang pertama guru mengawali pembelajaran dengan merefresh pelajaran yang lalu, kemudian dilanjutkan dengan memberikan materi yang baru. Setelah itu guru memancing siswa agar bertanya, selanjutnya guru menerangkan materi pelajaran dengan menggunakan contoh real dan masuk akal. Setiap kali guru selesai menjelaskan, kemudian menyimpulkan materi yang disampaikan. Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil (1-4 kelompok), masing-masing kelompok, diberikan suatu permasalahan yang berbeda-beda. Dan yang terakhir guru menyimpulkan dari awal sampai akhir pembelajaran, dan menutup pembelajaran dengan salam. Kedua, faktor-faktor pendukungnya yaitu materi-materi yang dapat dirasionalkan, tidak monoton / bervariasi, faktor media, SDM yang berkompeten, dan kelengkapan alat peraga. Sedangkan untuk faktor-faktor penghambatnya adalah kemampuan akal seseorang dalam memahami sesuatu, faktor waktu dan multi kultural. Kata kunci : Pendekatan Rasional, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:41
Last Modified: 11 Feb 2017 04:41
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item