PELAKSANAAN MUATAN LOKAL PEMBIASAAN SOSIAL DAN PRAKTIK IBADAH (PSPI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017)

Lailatus Syafa’ah, Nur (2017) PELAKSANAAN MUATAN LOKAL PEMBIASAAN SOSIAL DAN PRAKTIK IBADAH (PSPI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (921kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (924kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (960kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (907kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (916kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran muatan lokal pembiasaan sosial dan praktik ibadah (PSPI) dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik pada peserta didik kelas VII dan VIII di MTs Negeri 1 Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik peserta didik kelas VII dan VIII pada mata pelajaran muatan lokal pembiasaan sosial dan praktik ibadah (PSPI) di MTs Negeri 1 Kudus. Metode penelitiaan ini melalui pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan, foto, dan dokumentasi, data yang terkumpul kemudian dianalisis. Analisis data pada penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing. Penelitian ini menggunakan subyek siswa dan guru PSPI di MTs Negeri 1 Kudus. Hasil ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran PSPI ini sebelum proses pembelajaran guru menyiapkan rencana pelaksanaan (RPP), kemudian selain itu guru juga menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran PSPI ini sangat penting untuk peserta didik, akan tetapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus sesuai dengan RPP. Karena anak tidak hanya membutuhkan materi akan tetapi latihan secara menyeluruh. Pembelajaran PSPI pada dasarnya sangat penting dan bermanfaat bagi siswa, metode demonstrasi juga dianggap cukup efektif untuk diterapkan pada pembelajaran PSPI karena anak sudaah banyak bisa melaksanakan beribadah dengan baik, sesuai dengan ajaran agama Islam.(2) faktor pendukung yakni dari orang tua dan peserta didik, dimana anak setelah mendapatkan materi dan praktik bisa melaksanakan ibadah dengan baik, sesuai dengan ajaran agama Islam. Seperti gerakan sholat yang baik dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sarana prasarana dalam sekolah ini sudah memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dimana orang tua harus memantau peserta didiknya dalam beribadah, jika anak didik nya salah dalam pergaulan maka anak bisa mengikuti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Muatan Lokal; Pembiasaan Sosial; Praktik ibadah (PSPI); Kemampuan Psikomotorik
Subjects: Filsafat > Psikologi > Intelegensia, Kecerdasan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:48
Last Modified: 11 Feb 2017 04:48
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item