IMPLEMENTASI STRATEGI INSTANT ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS RIYADLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG 2016/2017

Maftucha, Siti (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI INSTANT ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS RIYADLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini untuk mengetahui :1) Implementasi strategi instant assessment pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang tahun pelajaran 2016/2017. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi instant Assessment pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang di sajikan secara deskriptif.Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Implementasi strategi instant assessment pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang tahun pelajaran 2016/2017, dilaksanakan melalui 5 fase yaitu penyajian materi, diskusi, pemberian tugas, pertanggung jawaban dan refleksi.Sebelum pembelajaran berlangsung guru sudah membuat sebuah perencanaan sebagai skenario pembelajaran yaitu menentukan materi pelajaran, membuat RPP, membuat soal dan menyediakan sarana dan prasarana kemudian evaluasi dari pembelajaran tersebut dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, tugas pada akhir pembelajaran dan tugas tengah serta akhir semester.Denganmenggunakan strategi instant assessment pada mata pelajaran aqidah akhlak bahwa nilai rata-rata siswa mengalami perkembangan yaitu dari uji I nilai rata-rata 70,74 kemudian uji II nilai rata-rata 80,65. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi instant Assessment pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang tahun pelajaran 2016/2017, hal ini terbagi menjadi dua yaitu faktor pendukung dan penghambat dari guru maupun siswa. Faktor pendukung dari guru yaitu kreativitas pendidik dalam menggunakan strategi pembelajaran. Kemudian faktor pendukung dari siswa yaitu tingkat intelegensi peserta didik yang tinggi membuat mereka mudah menerima apa yang diberikan dan melaksanakan apa yang diintrusikan. Sedangkan faktor penghambat dari guru yaitu saat guru membacakan soal masih ada siswa yang masih bingung menjawabnya. Dan faktor penghambat dari siswa yaitu ketika siswa tidak memahami materi yang disampaiakan maka mereka akan kebingungan dalam menjawab soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Instant Assessment; Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:59
Last Modified: 11 Feb 2017 04:59
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item