PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE KARTU BERGAMBAR DOA PADA SENTRA KEAGAMAAN DI PAUD SEKAR GADING DESA KLALING JEKULO KUDUS

DARWINTO, DARWINTO (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE KARTU BERGAMBAR DOA PADA SENTRA KEAGAMAAN DI PAUD SEKAR GADING DESA KLALING JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1. cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikandasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan. Penelitian ini bertujuan : 1) untukmengetahui penerapan model pembelajaranTake And Givedengan media kartubergambardoapadasentrakeagamaan. 2) Untukmengetahui faktor-faktor yang mendukungdanmenghambat yang dihadapiolehpendidik.3) Untukmengetahui peranpendidikdalampenerapan model pembelajaranTake And Givedengan media kartubergambardoapadasentrakeagamaan di PAUD SekarGadingDesaKlalingJekulo Kudus. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan, pendekatan yang digunakanadalahpendekatandeskriptifkualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primerdan sumber data sekunder.Teknikpengumpulan data denganobservasi, wawancara, dokumentasidenganmenggunakanteknikanalisis data kualitatif yang bersifatinduktif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Take And Give dengan media kartu bergambar doa pada sentra keagamaan di PAUD Sekar Gading Desa Klaling Jekulo Kudusdengancarapendidik memberikan pemahaman/penjelasan kepada peserta didik tentang kartu tersebut, setelah itu setiap anak mendapatkan satu kartu. Pendidik menunjuk salah satu peserta didiknya untuk menerangkan kartunya, apabila anak menguasai materi kartu yang dibawanya, berarti peserta didik itu dianggap berhasil dalam memahami materi tersebut dan si anak tadi mendapatkan kartu yang lain dari temannya, dan temannya tadi mendapatkan karti dari si anak tadi (pergantian kartu).2) Faktor yang mendukung penerapan model pembelajaran Take And Givedengan media kartu bergambar doa pada sentra keagamaan di PAUD Sekar Gading Desa Klaling Jekulo Kudusadalahadanya media (alat), prakteknya sederhana, dapat menarik siswasehinggasiswamenjadiaktifdalambelajar. Sedangkanfaktorpenghambatnyaadalahkadang terjadi berebut kartu dengan sesamasiswa. Serta hafalanmateri yang terlalupanjangmenyebabkansiswa yang kecerdasannyadibawah rata-rata kesulitanmenguasaihafalantersebut. 3) Hasil dari penerapan model pembelajaran Take And Give dengan media kartu bergambar doa pada sentra keagamaan di PAUD Sekar Gading Desa Klaling Jekulo Kudus mampu menjadikan siswa yang aktif dan mudah memahami materi diberikan guru. Siswadapatmeningkatkankemampuanuntukbekerjasamadengansiswalain; siswamempunyaibanyakkesempatanuntukmenghargaiperbedaan; partisipasisiswadalam proses pembelajarandapatmeningkat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Take and Give.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 05:04
Last Modified: 11 Feb 2017 05:04
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item