ANALISIS STRATEGI PENYELESAIAN RISIKO DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA BISNIS PROYEK KONSTRUKSI (STUDI ANALISIS PADA CV. DWITA KARYA BEKASI)

Jumiatun, Rina (2017) ANALISIS STRATEGI PENYELESAIAN RISIKO DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA BISNIS PROYEK KONSTRUKSI (STUDI ANALISIS PADA CV. DWITA KARYA BEKASI). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (901kB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (380kB)
[img] Text
03 Daftar Isi.pdf

Download (381kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (628kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah Untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam tentang risiko yang dihadapi serta strategi penanganan risiko oleh bisnis Islam konstruksi CV. Dwita Karya Bekasi, serta . Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan data kepustakaan, anilis yang digunakan adalah dengan metode analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Risiko yang terjadi pada bisnis konstruksi CV. Dwita Karya Bekasi adalah (a) Kecelakaan kerja, tergolong dalam risiko sifat usaha. (b) Risiko persaingan antar kompetitor sebab yang mengerjakan gudang tidak hanya CV. Dwita Karya saja. Risiko ini termasuk dalam kategori risiko persaingan. (c) Lokasi yang jauh termasuk dari bentuk risiko geografis. Kedua, Strategi penyelesaian risiko yang terjadi pada bisnis konstruksi CV. Dwita Karya Bekasi dalam Perspektif Islam adalah (a) Memberikan pertanggungjawabannya dengan memberikannya ijin untuk pulang serta biaya pengobatan dan kompensasi, sedangkan dalam Islam penanganan risiko tersebut termasuk hablum minannas sebagaimana dijelaskan dalam tafsir surat Al-Ashr dalam pandangan ekonomi Islam yaitu Beramal sholeh, berkaitan dengan hablumminannas. (b) CV. Dwita Karya menambah pekerjanya untuk menanggulangi pengerjaan yang harus sesuai dengan target karena meneruskan proyek yang sebelumnya dikerjakan oleh CV lain. Strategi penanganan ini adalah termasuk mengendalikan kerugian. Apa yang dilakukan oleh CV. Dwita Karya tidak melenceng dari Islam sebab CV. Dwita Karya telah memberikan atau membagi sebagian rezeki yang telah diberikan dibagi kepada pekerja yang baru. Selain itu tanggung jawab tersebut juga mengandung amanah, jadi harus diselesaikan sesuai amanahnya. (c) Memberikan komitmen atas target yang diberikan. Strategi ini termasuk dalam penanganan menanggung risiko karena perusahaan dianggap mampu untuk menangani. Strategi ini adalah Strategi yang cukup berat sebab pemberian komitmen adalah sebuah janji, jika tidak terlaksana maka akan menjadi hutang. Komitmen yang diberikan kepada pemberi tender adalah sebuah komitmen kerja dengan target yang memungkinkan untuk dilaksanakan, dengan perhitungan yang matang, dalam artian telah dipertimbangkan segala sesuatunya. Hal ini juga dijelaskan dalam kisah nabi Yusuf mentakwilkan mimpi sang raja dijelaskan dalam al-Qur’an Surat Yusuf:46-49, yang mana terkandung didalamnya sebuah pengukuran dan pengendalian atas risiko yang akan terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyelesaian Risiko; Proyek Konstruksi; Perspektif Islam
Subjects: Islam (Umum)
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen Pabrik
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 05:35
Last Modified: 11 Feb 2017 05:35
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item