PENGARUH PENERAPAN TEKNIK OPINI TEMAN DAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MA NU MIFTAHUL FALAH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Arifyanto, Arifyanto (2016) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK OPINI TEMAN DAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MA NU MIFTAHUL FALAH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pelaksanaan teknik opini teman dan metode brainstorming dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus. (2) mengetahui pengaruh antara penerapan teknik opini teman terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus. (3) mengetahui pengaruh antara penerapan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus. (4) mengetahui pengaruh antara penerapan teknik opini teman dan metode brainstorming secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas XI A dan XI B dengan sampel sebesar 52 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan teknik opini teman dalam kategori baik yaitu 51,90, metode brainstorming dalam kategori baik yaitu 51,04 dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq dalam kategori sangat baik yaitu 57,36. 2) Terdapat pengaruh yang kurang signifikan antara penerapan teknik opini teman dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq, dengan model Ŷ = 59,932 + -0,049 X1, dan keduanya terdapat hubungan yang negatif dan tidak signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara penerapan metode pembelajaran brainstorming dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq, dengan model Ŷ = 64,561 + -0,141X2, dan keduanya terdapat hubungan yang negatif dan tidak signifikan 4) Terdapat pengaruh yang kurang signifikan antara penerapan teknik opini teman dan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq, dengan model Ŷ = 61,414 + -0,280 X1 + 0,198X2, serta secara simultan terdapat hubungan yang positif dan kurang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik opini teman; metode brainstorming dan kemampuan berpikir kritis peserta didik
Subjects: Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2017 02:25
Last Modified: 13 Feb 2017 02:25
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item