STUDI ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DERECTIVE PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA DI MA NU HASYIM ASY’ARI 2 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ni’am, Ahmad Cholis (2017) STUDI ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DERECTIVE PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA DI MA NU HASYIM ASY’ARI 2 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui model pembelajaran Non Derective pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kemampuan Afektif siswa di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Karangmalang Gebog Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan model pembelajaran Non Derective pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kemampuan Afektif siswa di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Karangmalang Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penilitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada kepala madrasah, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan peserta didik kelas XI IPA, dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Non Derective Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu: Pertama, penerapan model tersebut terdapat 4 tahapan, yaitu tahap penyajian materi, tahap pemberian tugas, tahap pelaksanaan diskusi dan tahap pertanggung jawaban tugas. Kedua, pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan model tersebut dapat meningkatkan kemampuan Afektif siswa seperti mengurangi peserta didik yang bolos, menumbuhkan sikap sopan dengan guru maupun sesama siswa, menumbuhkan minat membaca, tidak bergantung kepada orang lain, dan percaya diri atas kemampuan yang dimiliki, bekerjasama antara teman yang satu dengan teman yang lainnya serta mendapatkan nilai yang memuaskan. Ketiga, faktor penghambatnya yaitu peserta didik yang pandai akan mendominasi pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang memadai, suasana yang kurang kondusif, peserta didik kadang mulai jenuh, peserta didik malas belajar karena banyak tugas dari mapel lain. Sedangkan faktor pendukung yaitu motivasi belajar peserta didik yang tinggi, peserta didik memiliki rasa ingin tahu dan ingin bisa terhadap materi, peserta didik dapat terangsang dalam menganalisa masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model; Non Derective; Aqidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:08
Last Modified: 18 Feb 2017 03:08
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item