ANALISIS PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI KITAB AT TARBIYYAH WAL ADABUSY SYAR’IYYAH PADA MUATAN LOKAL ADAB DI MADRASAH ALIYAH NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mu’aminah, Siti Na’imatul (2017) ANALISIS PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI KITAB AT TARBIYYAH WAL ADABUSY SYAR’IYYAH PADA MUATAN LOKAL ADAB DI MADRASAH ALIYAH NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi: untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui kitab At Tarbiyyah Wal Adabusy Syar’iyyah dalam muatan lokal adab di Madrasah Aliyah NU Nurussalam Besito Gebog Kudus tahun pelajaran 2016/2017, untuk menjelaskan faktor yang mendukung dan menghambat tercapainya pembelajaran akhlak melalui kitab At Tarbiyyah Wal Adabusy Syar’iyyah pada muatan lokal adab di Madrasah Aliyah NU Nurussalam Besito Gebog Kudus tahun pelajaran 2016/2017, untuk mengetahui hasil dari pembelajaran akhlak melalui kitab At Tarbiyyah Wal Adabusy Syar’iyyah terhadap perilaku peserta didik di Madrasah Aliyah NU Nurussalam Besito Gebog Kudus tahun pelajaran 2016/2017 Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi yang diperoleh dari informan (Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Gureu mapel muatan lokal adab, peserta didik) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di Madrasah Aliyah NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan pembelajaran akhlak melalui kitab At Tarbiyyah Wal Adabusy Syar’iyyah terkait dengan pemilihan kitab, kurikulum, metode yang digunakan, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. 2) Faktor pendukung dan pelaksanaan pembelajaran akhlak melalui kitab At Tarbiyyah Wal Adabusy Syar’iyyah adalah: kompetensi guru, lingkungan, keterampilan. Sedangkan faktor penghambat adalah: kompetensi peserta didik, alokasi waktu, konten kitab. 3) Hasil pembelajaran akhlak melalui kitab At Tarbiyyah Wal Adabusy Syar’iyyah ditunjukkan dalam tiga hal yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor, kesemuanya menunjukkan hasil yang baik dilihat dari nilai, sikap keseharian dan keterampilan mereka dalam menuliskan atau membara konten arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akhlak; Melalui Kitab At Tarbiyyah Wal Adabusy Syar’iyyah; Pada Muatan Lokal Adab
Subjects: Sosial
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:12
Last Modified: 18 Feb 2017 03:12
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item