IMPLEMENTASI TEKNIK PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN RANAH KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU FAROIDL DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS

Faila Sufa, Nidda (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN RANAH KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU FAROIDL DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (936kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (993kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (958kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (993kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB)

Abstract

Berlatar belakang kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dalam ilmu mawaris menuntut guru untuk berinovasi dalam mengemas pembelajaran, kelemahan dari proses pembelajaran selama ini adalah kurangnya usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kemampuan berfikir siswa, oleh sebab itu teknik POGIL dapat digunakan oleh guru untuk mengatasi persoalan tersebut. Teknik POGIL adalah teknik pembelajaran dimana siswa belajar secara berkelompok dalam aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman materi pembelajaran dan meningkatkan kemampuan proses belajar berfikir, problem solving, berkomunikasi, kerja kelompok dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Teknik Process Oriented Guided Inquiry Learning pada Pembelajaran ilmu faroidl di kelas XII-IPS-1 MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus, dan untuk mengetahui Implemetasi Teknik Process Oriented Guided Inquiry Learning dalam meningkatkan kemampuan ranah kognitif siswa pada mata pelajaran ilmu faroidl, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan Teknik Process Oriented Guided Inquiry Learning pada Pembelajaran ilmu faroidl kelas XII-IPS-1II MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Kemudian data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati peserta didik, dan guru pada saat proses belajar mengajar ilmu faroidl dikelas XII-IPS-1, wawancara dengan sumber data yakni guru mata pelajaran Fiqih kelas XII-IPS-1, Waka Kurikulum, peserta didik, dan dokumentasi administrasi akan dianalisa dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana penerapan Teknik Process Oriented Guided Inquiry Learning dalam meningkatkan kemampuan ranah kognitif siswa pada mata pelajaran muatan lokal ilmu faroidl di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Implementasi Teknik Process oriented guided inquiry learning pada mata pelajaran muatan lokal ilmu faroidl di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun ajaran 2016/2017 pada dasarnya sudah berjalan dengan baik, dalam pelaksanaannya siswa belajar secara berkelompok untuk menyelesaikan studi kasus mengenai pembagian harta waris, melalui siklus belajar dalam POGIL siswa lebih dapat memahami isi materi pembelajaran serta dapat mengaplikasikan dalam permasalahan yang berbeda. 2)pembelajaran dengan menggunakan teknik POGIL dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, hal ini dapat dilihat berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh guru yang menunjukkan bahwa nilai hasil belajar mencapai KKM.3) faktor pendukung dan penghambat pada teknik POGIL, meliputi: faktor pendukung kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta respon siswa yang positif terhadap pembelajaran dengan teknik POGIL. Adapun faktor penghambat berupa alokasi waktu KBM yang kurang serta faktor internal dari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik; POGIL; Kognitif; Ilmu Faroidl
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:19
Last Modified: 18 Feb 2017 03:19
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item