IMPLEMENTASI TEKNIK BIMBINGAN INDIVIDUAL DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA MTS NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ATMIM NURONA, DIAH (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK BIMBINGAN INDIVIDUAL DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA MTS NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, stain kudus.

[img] Text
1. Bagian Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (856kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (858kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (887kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (892kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (990kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (861kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (858kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masa sekolah menengah pertama merupakan masa-masa dimana anak sering melakukan pelanggaran-pelanggaran tata tertib sekolah sebagai bentuk kebebasan siswa di sekolah. Hal tersebut disebabkan karena sikap disiplin belum tertanam dalam diri siswa. Dalam mengatasi masalah tersebut pihak madrasah melaksanakan adanya teknik bimbingan individual dalam membantu menanamkan sikap rajin, patuh, hormat sehingga para siswa MTs NU Tamrinut Thullab merasa sadar untuk menaati tata tertib madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik bimbingan individual yang dilakukan oleh guru BK dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa MTs NU Tamrinut Thullab dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi teknik bimbingan individual dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa MTs NU Tamrinut Thullab. Subjek penelitiannya adalah waka kesiswaan, guru BK, guru mata pelajaran, dan siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatatif. Sedangkan teknik yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk yang digunakan dalam teknik bimbingan individual dalam menanamakan kedisiplinan pada siswa kelas VIII antara lain: 1) informasi individual, 2) penasehatan individual, 3) pengajaran remedial individual, dan 4) penyuluhan individual. Sedangkan faktor yang mempengaruhi implementasi teknik bimbingan individual dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa kelas VIII yaitu: 1) faktor intern (berasal dari dalam diri siswa) dan 2) faktor ekstern (berasal dari luar diri siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Bimbingan Individual; Kedisiplinan
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:43
Last Modified: 18 Feb 2017 03:43
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item