UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA GURU PAI MELALUI KEGIATAN SUPERVISI PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI NU RAUDLATUT THOLIBIN JEPANGPAKIS JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

Fadhlika, Liya (2017) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA GURU PAI MELALUI KEGIATAN SUPERVISI PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI NU RAUDLATUT THOLIBIN JEPANGPAKIS JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perencanaan pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis. 2) Teknik pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis. 3) Aspek yang menjadi penekanan dalam pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis. 4) Teknik evaluasi pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis. 5) Faktor penghambat dan pendorong pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data langsung dari informannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, triangulasi, dan member check. Analisis data yang dilakukan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah data-data terkumpul dan selanjutnya dianalisis oleh peneliti, maka ditemukan hasil penelitian bahwa : 1) Perencanaan pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan dilakukan dengan cara langsung masuk ke kelas. 2) Teknik pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan adalah teknik kunjungan kelas, karena dengan menggunakan teknik tersebut bermanfaat untuk mendapatkan informasi tentang proses pembelajaran secara langsung. 3) Aspek yang menjadi penekanan dalam pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan adalah aspek substantif yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Aspek tersebut dipilih karena menunjukkan pada kompetensi guru yang harus dikembangkan melalui supervisi pendidikan. Aspek ini merupakan sokongan terhadap keberhasilannya mengelola proses pembelajaran. Hasil pembinaan pada aspek tersebut sangat baik dan profesional bagi guru PAI yang bersangkutan terutama dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. 4) Teknik evaluasi pembinaan guru PAI melalui kegiatan supervisi pendidikan menggunakan teknik evaluasi individual. Aspek yang dievaluasi adalah aspek personal guru, aspek profesional guru dan aspek sosial guru. Aspek tersebut dipilih karena mencakup semua aspek yang menentukan keberhasilan guru sebagai pendidik dan pengajar. 5) Faktor penghambatnya adalah masih adanya jarak antara guru dan kepala madrasah, kurang siapnya guru yang akan disupervisi dan waktu pelaksanaannya yang tidak rutin. Sedangkan faktor pendorongnya adalah keberadaan kepala madrasah yang bersedia membantu dengan senang hati serta guru mampu bekerjasama dengan baik dengan kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 05:21
Last Modified: 18 Feb 2017 05:21
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item