STUDI ANALISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN QOWAIDHUL FIQHIYAH DALAM MENGUATKAN MATERI FIQIH DI MA MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Diyanirohmah, Wahyu (2017) STUDI ANALISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN QOWAIDHUL FIQHIYAH DALAM MENGUATKAN MATERI FIQIH DI MA MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (965kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (941kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (988kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran Qowaidhul Fiqhiyah Dalam Menguatkan Materi Fiqih Di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Qowaidhul Fiqhiyah untuk menguatkan materi fiqih Di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana faktor faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran muatan lokal Qowaidhul Fiqhiyah untuk menguatkan materi fiqih di MA. Mazro’atul Huda Demak Tahun Pelajaran 2016/2017?. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatanyang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Qowaidhul Fiqhiyah untuk menguatkan materi fiqih di MA. Mazro’atul Huda Wonorenggo, Karanganyar, Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan siswa disekelilingnya. Materi di dalam pelajaran Qowaidhul Fiqhiyah yang dibelajarkan sudah sesuai dengan kitab Qowaidhul Bahiyyah yang sebagai pedoman dalam pembelajaran, namun materinya yang ada dikitab Qowaidhul Bahiyyah tidak secara tuntas diajarkannya. Tujuan dari pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Qowaidhul Fiqhiyah untuk menguatkan materi fiqih tersebut adalah dengan mempelajari kaidah-kaidah fiqih siswa akan mengetahui prinsip-prinsip umum fiqih dan akan mengetahui pokok masalah yang mewarnai fiqih, kemudian menjadi titik temu dari masalah-masalah fiqih dan akan lebih mudah menetapkan hukum dengan baik bagi masalah masalah yang dihadapinya. Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Qowaidhul Fiqhiyah untuk menguatkan materi fiqih tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran pada umumnya. Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukung yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Qowaidhul Fiqhiyah untuk menguatkan materi fiqih ini antara lain: 1). Guru yang lulusan dari pesantren, 2). Siswa yang mayoritas lulusan MTs MA. Mazro’atul Huda dan sudah mengenyam pendidikan madrasah (sekolah siang)., Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Qowaidhul Fiqhiyah untuk menguatkan materi fiqih antara lain: 1). Hambatan biaya, 2). Hambatan silabus, 3). Hambatan dari peserta didik, 4). Hambatan segi waktu, 5) hambatan guru yang kurang mampu dalam penyusunan RPP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Muatan Lokal Qowaidhul Fiqhiyah; Materi Fiqih
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Feb 2017 02:26
Last Modified: 19 Feb 2017 02:26
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item