PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH MANZILUL ULUM BAKALAN KRAPYAK KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Azizah, Azizah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH MANZILUL ULUM BAKALAN KRAPYAK KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata model pembelajaran CIRC di Madrasah Aliyah Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Rumusan Masalah ini ; 1) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017?; 2) Seberapa besar kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017? ;3)Seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang konkrit tentang pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: 1) Model pembelajaran CIRC dilakukan dengan baik, artinya model pembelajaran meningkatkan kemampuan berpikir bisa digunakan dengan tepat dan baik sehingga mempengaruhi dalam penguasaan materi peserta didik di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Hal ini juga didukung dalam penghitungan yang dilakukan terdapat nilai rata-rata sebesar 91,90 yang masuk dalam interval 81 – 93 berkategori baik. 2)Kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus dikatakan baik karena dilatar belakangi adanya peningkatan kemampuan berpikir yang dipakai. Hal ini juga didukung dalam perhitungan yang dilakukan terdapat nilai rata-rata sebesar 90,62 yang masuk dalam interval 86-92 berkategori cukup. 3) Dari hasil uji hipotesis antara pengaruh model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus terdapat pengaruh. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai rxy sebesar 0,6. Maka apabila nilai tersebut dikonsultasikan dengan tabel interpretasi berada antara 0,41 – 0,70 yang tergolong dalam kategori sedang atau cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila model pembelajaran CIRC tersebut dilaksanakan dengan baik maka akan meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Fiqih. Dari hasil perhitungan diperoleh, besar koefisien determinasi (R) sebesar 0,36 atau 36%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran CIRC; berfikir kreatif siswa
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Feb 2017 02:32
Last Modified: 19 Feb 2017 02:32
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item