IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENGEMBANGAN AGAMA ISLAM DI RA KHOIRIYAH KAYEN PATI

Ghufroni, Afif (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENGEMBANGAN AGAMA ISLAM DI RA KHOIRIYAH KAYEN PATI. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
cover.pdf

Download (7MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian 101 adalah: (1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pengembangan Pendidikan Agama Islam di RA Khoiriyah Kayen Pati? (2) Bagaimana hasil implementasi metode pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circles Time) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pengembangan Pendidikan Agama Islam di RA Khoiriyah Kayen Pati? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif Deskriptif (Kualitatif lapangan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawaneara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan data Reduction (mereduksi data), data Display (penyajian data), dan Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian adalah: (1) lmplementasi metode pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dalam meningkatkan pre stas i belajar siswa pada pengembangan Pendidikan Agama Islam di RA Khoiriyah Kayen Pati dimulai dengan penataan lingkungan, penyambutan anak, main pembukaan, kegiatan inti di masing-masing kelompok terdiri dari pijakan pengalaman sebelum main selama 15 menit, pijakan pengalaman saat anak main selama 60 menit, pijakan pengalaman setelah main selama 30 menit, setelah itu adalah kegiatan recalling atau mengingat kembali. Evaluasi dilaksanakan dengan eara peneatatanan ekdot, portofolio dan laporan perkembangan anak. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam selalu di masukkan dari mulai penataan alat main serta dalam setiap pijakan pijakan main sampai pada recalling, evaluasi dan penutup. (2) Hasil implementasi metode pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circles Time) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pengembangan Pendidikan Agama Islam di RA Khoiriyah Kayen Pati, dapat dilihat dari kebiasaan anak tiap hari yaitu melakukan berdo'a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, melafaldkan surat-surat pendek pilihan, menghafalkan Asmaul Husna, mengetahui nama dan jumlah malaikat, mengetahui dan nama dan jumlah Nabi atau Rosul, bias memperagakan tata eara berwudhu, melakukan gerakan shalat dengan khusyu' dan benar, mengueapkan baeaan shalat dengan fasih, serta peningkatan kemampuan moral dan karakter anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dan Prestasi Belajar Siswa pada pengembangan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Feb 2017 03:26
Last Modified: 25 Feb 2017 03:26
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item