ANALISIS PENGELOLAAN ADMINISTRASI (ADMINISTRASI MADRASAH, TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN) MADRASAH DINIYYAH AWWALIYYAH IRSYADUTH THOLIBIN MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 1435-1436 H

Albab, Moh. Ulil (2015) ANALISIS PENGELOLAAN ADMINISTRASI (ADMINISTRASI MADRASAH, TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN) MADRASAH DINIYYAH AWWALIYYAH IRSYADUTH THOLIBIN MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 1435-1436 H. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Untuk mengetahui manajemen administrasi, tenaga pendidik dan kependidikan di Madin Irsyaduth Tholibin Medini. 2). Faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen administrasi, tenaga pendidik dan kependidikan di Madin Irsyaduth Tholibin Medini. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui Pengelolaan Adinistrasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan menuju Madrasah Diniyyah unggulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pengelolaan Administrasi yang dilakukan oleh TU adalah sebagai berikut: Administrasi yang berhubungan dengan siswa meliputi: Formulir Pendaftaran, Buku Absensi Siswa, Daftar Siswa, Buku Nilai Siswa. Buku, Induk Siswa, Buku Raport dan Ijazah. Administrasi yang berhubungan dengan guru meliputi: Buku Induk Guru, Buku Daftar Hadir Guru, Jurnal Guru dan Jadwal Tugas Guru. Administrasi secara umum yang dikelola Tata Usaha meliputi: Tata Tertib Madrasah, Profil Madrasah, Sarana Prasarana Madrasah, Kalender Pendidikan, Jadwal Pelajaran, GBPP Madrasah Diniyyah, Data Kenaikan Kelas & Pembagian Kelas, Pembuatan SK Guru, Rekapitulasi Syahriyyah, Kartu Syahriyyah dan Prestasi Madrasah. Tenaga Pendidik Madin Awwaliyyah Irsyaduth Tholibin melakukan tugas dan tanggung jawab guru dengan baik. Yaitu dalam pengajaran guru mengajar tepat waktu dan tidak pernah absen mengajar. Dalam memberikan bimbingan, guru selalu melakukan bimbingan kepada santri yang mengalami masalah. Tanggung jawab guru terhadap mengembangkan kurikulum di sini, belum bisa berjalan dengan baik karena latar belakang pendidikan guru madin tidak semuanya dari lulusan sarjana. Dalam hal tanggung jawab guru dalam mengembangkan profesi dengan selalu meningkatkan keilmuannya melalui mengikuti pengajian kitab dan majlis taklim yang dilaksanakan yayasan. Sedangkan tanggung jawab guru dalam hal membina hubungan dengan masyarakat berjalan dengan baik sehingga santri madin Irsyaduth Tholibin sangat banyak berkat guru-gurunya sering bersosial dengan masyarakat. Tenaga kependidikan Madin Awwaliyyah Irsyaduth Tholibin terdiri dari Tata Usaha, Kepala Madrasah dan Pengurus Yayasan. TU merupakan lulusan S1profesional pendidikan Islam menangani administrasi madrasah dengan baik. Dalam manajerial madin yang dilakukan Kepala Madrasah, sebagai pucuk pimpinan madrasah menerapkan sistem demokrasi. Pengurus Yayasan Kiai Muslim telah melakukan pengawasan dan pengelolaan dengan baik. Pengurus yayasan selalu berusaha mengembangkan madin sehingga banyak dipercaya masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Administrasi; Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Subjects: Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Feb 2017 04:38
Last Modified: 25 Feb 2017 04:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item