NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MIZAJ AT- TASNIM WA AFWAJ AN-NASIM FI HIKAMI LUQMAN AL-HAKIM KARYA IMAM ALI BIN HASAN BIN ABDULLAH AL-ATHTHAS.

Arwani, Muhammad (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MIZAJ AT- TASNIM WA AFWAJ AN-NASIM FI HIKAMI LUQMAN AL-HAKIM KARYA IMAM ALI BIN HASAN BIN ABDULLAH AL-ATHTHAS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (libraryy resech) dengan mengambil objek kitab Mizaj At-Tasnim Wa Afwaj an-Nasim Fi Hikami Luqman al-Hakim karya Imam Ali bin Hasan bin Abdullah al-Aththas. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Mizaj at-Tasnim wa Afwaj an-Nasim fi Hikami Luqman al-Hakim serta relevansi nilai- nilai pendidikan akhlak tersebut dengan pendidikan akhlak di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan secara konten analisis (analisis conten) dengan tujuan menelaah dan memahami sumber utama dan sumber pendukung terkait lain untuk dianalisa. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pendapat Miles dan Huberman dengan beberapa metode analisis data, yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclution crawing atau verivication. Hasil penelitian adalah: 1) nilai-nilai pendidikan terhadap Allah SWT yang meliputi: tidak menyekutukan Allah SWT, beriman dan bertaqwa, zuhud, bertaubat, qona`ah, amar ma`ruf dan nahi mungkar, dan qiyamul lail (bertahajud), 2) nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri meliputi: mengerjakan amal sholeh, berpikir sebelum bertindak, dapat dipercaya, mencari ilmu, adab dalam belajar, sabar, optimis, menjaga lisan, adab ketika makan, dan adab berjalan, 3) nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga meliputi : menerima didikan orang tua dan menjalin silaturrahim, 4) nilai pendidikan akhlak terhadap sesama masyarakat meliputi: mengucapkan salam, bermusyawarah, mengirim utusan, tidak bergantung pada orang lain, adab bertetangga, berusaha tidak berhutang, tidak mencela, bermurah hati, dan adab bergaul. Dari keempat aspek tersebut diharapan dapat merubah tatanan kehidupan masyarakat terutama peserta didik di Indonesia menjadi lebih berakhlak apabila dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai;Pendidikan;Akhlak;al-Aththas;Mizaj at-Tasnim wa Afwaj an-Nasim fi Hikami Luqman al-Hakim
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin adm STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Feb 2017 06:05
Last Modified: 25 Feb 2017 06:05
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item