PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK.

Nadziroh, Ainun (2015) PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9.pdf

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pembelajaran secara klasifikal dalam pengetahuan agama Islam. Berbagai upaya telah dilakukan guru diniyah untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini 1) Untuk mengetahui program-program yang dilaksanakan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), 2). Untuk mengetahui peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), dan 3) Untuk mengetahui dampak dari Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru madarsah diniyah awaliyah di kecamatan Mijen kabupaten Demak. Penelitian ini, merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sisitematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang bersifat verbal dan tidak berupa angka-angka dengan subyek penelitian meliputi ketua FKDT Mijen, kepala madrasah, dan guru awaliyah yang ada di kecamatan Mijen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tentang kegiatan FKDT dan pembelajaran di madrasah awaliyah. Wawancara tentang program-program pelaksanaan, peran dan dampak. Dokumentasi kegiatan FKDT dan pembelajaran. Reduksi data dengan mengelompokkan semua data yang telah didapat. Penyajian data dengan membuat pola yang berhubungan dengan rumusan masalah. Verifikasi data dengan menyimpulkan data yang telah dikelompokkan hingga menjadi pola yang sesuai dengan rumusan masalah yakni program pelaksanaan, peran dan dampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program-program pelaksanaan FKDT kecamatan Mijen kabupaten Demak berjalan dengan baik. Dalam program pelaksanaan FKDT kecamatan Mijen membahas program-program dan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran khususnya mengenai peningkatan kompetensi guru madrasah diniyah awaliyah dan pengembangan kurikulum. 2) Peran FKDT kecamatan Mijen adalah program meningkatkan kompetensi guru diniyah dan peningkatan kualitas pembelajaran. Kompetensi guru sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran khususnya kompetensi pedagogik. Karena kompetensi pedagogik berkaitan dalam pelaksanaan pembelajaran. 3) Dampak positif dari FKDT adalah guru bisa merencanakan, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran. Sehingga menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih terarah dan kinerja guru menjadi lebih bagus. Sedangkan dampak negatifnya terbatasnya waktu dari anggota dalam melaksanakan kegiatan dan kurangnya pemahaman tentang tugas mereka sebagai koordinasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT); Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Diniyah Awaliyah.
Subjects: Sosial
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2017 02:55
Last Modified: 04 Mar 2017 02:55
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item