“POLA SUPERVISI DENGAN PENDEKATAN NON DIREKTIF DI MI FATHUL ULUM PELANG MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”.

Hidayati, Fatkhul (2016) “POLA SUPERVISI DENGAN PENDEKATAN NON DIREKTIF DI MI FATHUL ULUM PELANG MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Skripsi thesis, STAIN kudus.

[img] Text
1 cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB I Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB II Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB III Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 BAB V Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) pola supervisi dengan pendekatan non direktif yang digunakan kepala sekolah di MI Fathul Ulum Pelang Mayong Jepara 2) karakteristik guru yang disupervisi dengan pendekatan non direktif yang digunakan kepala sekolah di MI Fatkhul Ulum Pelang Mayong Jepara 3) respon dan sikap guru terhadap pendekatan non direktif yang digunakan kepala sekolah di MI Fatkhul Ulum Pelang Mayong Jepara. jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field reseach dan menggunakan pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan transferability. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) pola supervisi non direktif di MI Fathul Ulum Pelang Mayong Jepara adalah ada beberapa tahap a) pertemuan awal, supervisor mendengarkan keluhan, guru memaparkan masalahnya b) observasi kelas, supervisor di luar kelas dan supervisor akan mengamati guru terkait dengan proses pembelajaran guru didalamnya ada beberapa tahap yaitu pada tahap awal pembukaan pembelajaran, kemudian pada inti pembelajaran dan penutup. Akan tetapi pada observasi kelas supervisor fokus pada kemampuan guru dalam mengaplikasikan RPP yang dibuat c) pertemuan balikan, supervisor menyiapkan catatan-catatan penting dan lembar penilaian pelaksanaan supervisi dengan pendekatan non direktif dengan menyesuaikan hasil observasi kelas yang nantinya dari data tersebut kegiatan analisa dan diskusi dilakukan. 2) Karakteristik guru yang disupervisi dengan pendekatan non direktif di MI Fathul Ulum Pelang Mayong Jepara adalah Guru yang disupervisi dengan pendekatan non direktif itu merupakan guru yang daya komitmennya yang tinggi dan abstraknya juga tinggi, guru terebut bisa dikatakan dengan prfesional karena bisa memecahkan masalahnya sendiri dan peran saya disini mendengarkan apa yang dikeluhkan guru serta memberi masukan-masukan dan motivasi selanjutnya saya memberikan solusi untuk memecahkan masalahnya. 3) Respon dan sikap guru disupervisi dengan pendekatan non direktif yaitu Respon positif, karena dengan pendekatan yang digunakan kepala madrasah dalam mensupervisi guru inilah guru tidak hanya dapat mengetahui perkembangan kualitas yang guru miliki dan perkembangan kualitas peserta didik yang guru ampu akan tetapi guru juga belajar untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam mengemban tugas sebagai seorang pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola supervisi; pendekatan non direktif
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sosial > Pendidikan > Peraturan-Peraturan Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 02:55
Last Modified: 03 Dec 2016 02:55
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item