PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA PROFESIONAL GURU SMA, SMK, MA MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2015/2016

HADI, IMAM SHOLIKHUL (2015) PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA PROFESIONAL GURU SMA, SMK, MA MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2015/2016. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 6.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 7.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 8.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 9.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui .”Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Profesional Guru SMA,SMK,MA Muhammadiyah di Kabupaten Kudus Tahun 2015/2016”. Dengan perumusan masalah, adakah pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru, motivasi mengajar terhadap kinerja guru serta iklim organisasi dan motivasi mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru, motivasi mengajar berpengaruh terhadap kinerja guru, dan iklim organisasi dan motivasi mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah guru SMA,SMK,MA Muhammadiyah di Kabupaten Kudus Tahun 2015/2016. Jumlah populasi sebanyak 257 guru dengan sampel penelitian sebanyak 156 guru, dan penelitian ini merupakan studi populasi. Tempat penelitian di SMA,SMK,MA Muhammadiyah di Kabupaten Kudus pada 1 SMA, 3 SMK dan 1 MA . Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan biodata guru yang ada di sekolah / madrasah. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif dan diagram batang disajikan dengan bentuk distribusi frekuensi dan persentase dengan tabel-tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan persepsi responden tentang iklim organisasi, diperoleh rentang skor 116 - 150, dengan jumlah skor 20409 dan skor rata-rata 130,79 yang dalam hal ini termasuk kategori cukup baik. (2) berdasarkan persepsi responden tentang pengaruh motivasi mengajar terhadap kinerja guru diperoleh rentang skor 107 - 151, dengan jumlah skor 20191,00 dan skor rata-rata 134,43 adalah termasuk kategori baik. (3) berdasarkan derajat pengaruh variabel iklim organisasi (X1) dan variabel motivasi mengajar (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,73 atau 73,0%. Angka ini menunjukkan bahwa kinerja guru (Y) secara bersama-sama (simultan) dipengaruhi oleh variabel iklim organisasi (X1) dan variabel motivasi mengajar (X2) sebesar 73,0% sedangkan sisanya 27% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Disarankan agar para kepala sekolah/ madrasah selalu memberi dukungan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan kinerjanya dengan memberikan bimbingan dan pembinaan serta penghargaan sehingga keterampilan guru dapat lebih berkembang dan kompetensi profesional guru menjadi baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Iklim Organisasi; Motivasi Mengajar; dan Kinerja Guru.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2017 07:16
Last Modified: 04 Mar 2017 07:16
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item