ANALISIS ASPEK-ASPEK PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PROGRAM KEPESANTRENAN (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PLUS AL-BANJARI TUNJUNGAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SAEFUDIN, ACHMAD (2015) ANALISIS ASPEK-ASPEK PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PROGRAM KEPESANTRENAN (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PLUS AL-BANJARI TUNJUNGAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian peserta didik SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. 2)Pelaksanaan kepesantrenan di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. 3)Aspek-aspek pembentuk kemandirian peserta didik pada kegiatan kepesantrenan di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus (case study) yaitu suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu “kesatuan sistem”. Kemudian data yang telah terkumpulkan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif studi kasus (case study) untuk mengetahui Aspek-Aspek Pembentukan Kemandirian Peserta Didik Melalui Kegiatan Program Kepesantrenan di SMP Islam Plus Al-Banjari Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Aspek-Aspek Pembentukan Kemandirian Peserta Didik Melalui Kegiatan Program Kepesantrenan telah berjalan secara maksimal dan sudah sesuai dengan kaidah maupun teori didalam buku kepustakaan. Potensi dan kapasitas pribadi yang ada tidak akan menjadi sesuatu yang berguna apabila manusia hanya dapat dicapai maksimal. Pendidikan kemandirian yang diterapkan di SMP Islam Plus Al-Banjari bertujuan untuk membekali sikap siap dan mandiri kepada peserta didik. Hal ini dilakukan agar setelah peserta didik kembali ke masyarakat, peserta didik tidak tergantung kepada orang lain, bertanggungjawab pada diri sendiri dan keluarganya. Dalam kehidupan sehari-hari yang dijalankan peserta didik, pendidikan kemandirian ini bertujuan agar peserta didik dapat mengerjakan semua tugas yang menjadi tanggungjawabnya sendiri, tanpa mengandalkan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa dan semua pihak yang membutuhkan agar senantiasa meningkatkan ilmu pengetahuan dan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Aspek-Aspek; Kemandirian; Kegiatan; Program; dan Kepesantrenan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Mar 2017 05:52
Last Modified: 05 Mar 2017 05:52
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item