ANALISIS IMPLEMENTASI IJARAH DENGAN SISTEM SEMOYO (STUDI KASUS LAHAN PERTANIAN DI DESA ASEMPAPAN KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI)

Muntaha, Ibnu (2015) ANALISIS IMPLEMENTASI IJARAH DENGAN SISTEM SEMOYO (STUDI KASUS LAHAN PERTANIAN DI DESA ASEMPAPAN KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI). Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi banyaknya penggunaan hak atas tanah pertanian dengan akad Ijarah, hal ini dikarenakan berbagai hal mulai dari terbatasnya lahan pertanian sampai faktor kepemilikan lahan. Dari sinilah muncul ketertarikan peneliti untuk meneliti lebih detail meneliti akad Ijarah pada lahan pertanian yang dilakukan oleh petani atau masyarakat pada umumnya apakah sudah sesuai atau belum dengan teori ekonomi Islam. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui akad ijarah sudah sesuai dengan teori ekonomi Islam, sebagai parameternya Penulis menyajikan Ijarah menurut kajian Kitab Fiqih Klasik, serta membandingkan dengan praktek yang terjadi di lapangan, dari sinilah dapat diketahui sisi persamaan dan perbedaan antara teori pada Kitab Fiqih Klasik dan praktek dilapangan. Penelitian bersifat kualitatif karena bersifat alamiah dan menghendaki keutuhan sesuai dengan masalah penelitian ini yaitu implementasi akad Ijarah karena aktifitas ekonomi tersebut langsung berhubungan dengan interaksi sosial. Hasil penelitian ini adalah mengungkapkan tentang operasional pemanfaatan lahan dengan akad Ijarah, dilapangan penulis menjumpai suatu kejanggalan yaitu pemilik lahan meng Ijarah kan lahan kepada orang ke dua sedangkan lahan yang di Ijarah kan masih belum habis kontrak denga pihak pertama, untuk penggarapan lahan dilakukan setelah kontrak dengan pihak pertama habis sedangkan uang penebusan Ijarah di serahkan saat akad berlangsung. Pada akhir pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa akad Ijarah di Desa Asempapan Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati belum sesuai dengan ekonomi Islam, Pada pokoknya didalam teori Kitab Fiqih Klasih akad yang dilakukan oleh warga Desa Asempapan tidak menguntungkan karena terlalu lamanya penggarapan lahan dan modal yang dikeluarkan oleh pihak kedua untuk mengganti manfaat lahan yang akan di garap tidak bisa segera didapatkan karena terlalu lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Ijarah; Analisis Ijara
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Sosialisme
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 04:21
Last Modified: 12 Mar 2017 04:21
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item