IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR SPOT CAPTURING DALAM MENINGKATKAN SIKAP EKSPRESIF SISWA KELAS II TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD 4 ADIWARNO HADIWARNO MEJOBO KUDUS

Afifah, Siti (2016) IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR SPOT CAPTURING DALAM MENINGKATKAN SIKAP EKSPRESIF SISWA KELAS II TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD 4 ADIWARNO HADIWARNO MEJOBO KUDUS. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Apa Latar belakang yang mendasari dalam penerapan Model Belajar Spot Capturing dalam meningkatkan sikap Ekspresif siswa kelas II Pada Pembelajaran PAI di SD 4 Adiwarno Hadiwaro Mejobo Kudus (2) Implementasi Model Belajar Spot Capturing dalam meningkatkan sikap Ekspresif siswa kelas II Pada Pembelajaran PAI di SD 4 Adiwarno Hadiwaro Mejobo Kudus (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Model Belajar Spot Capturing dalam meningkatkan sikap Ekspresif siswa kelas II Pada Pembelajaran PAI di SD 4 Adiwarno Hadiwaro Mejobo Kudus. Penelitian ini dikembangkan oleh peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang menitik beratkan pada data dilapangan. Metode penelitian kualitatif sering disebut juga metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (Natural Setting). Data yang akan diteliti bukan berupa angka-angka, akan tetapi data berupa keadaan lapangan dalam bentuk (1)Observasi, penulis secara langsung mengamati aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran dilaksanakan. (2) Interview, untuk mengetahui tanggapan siswa dan kolaborator. (3) Dokumentasi, untuk mengumpulkan data pendukung penelitian bersifat dokumenter. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Di SD 4 Adiwarno, Hadiwarno Mejobo Kudus, peserta didik yang mayoritas orang tua siswa berasal dari keluarga menengah kebawah dan kebanyakan orang tua siswa bekerja di sawah dan pabrik sehingga kurang memperhatikan anak – anaknya. Dalam hal ini guru dituntut untuk meningkatkan sikap ekspresif siswa diantaranya dengan menggunakan sebuah media atau model pembelajaran. Kedua, Penerapan dalam pembelajaran model Spot Capturing Learning pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan Sikap Ekspresif siswa kelas II SD 4 Adiwarno Hadiwarno Mejobo sebelum melakukan pembelajaran melihat dulu materi apa yang akan diajarkan pada anak-anak, melihat RPP dan menyiapkan bahan-bahan sesuai materi dan dipelajari terlebih dahulu. Implementasi pada pembelajaran PAI pada siswa kelas II berjalan dengan baik, karena pembelajaran dengan menggunakan model Spot Capturing Learning siswa lebih tanggap, dan bersemangat dengan pembelajaran. Ketiga, Faktor pendukung yaitu a) Kerjasama antara siswa dan guru serta peran serta pihak sekolah terkait. b) materi tidak terlalu sulit, dan c) guru aktif - siswa aktif. Sedangkan Faktor penghambat yaitu: a) Rendahnya motivasi siswa; b)Perubahan kurikulum; c) Kesejahtraan dan keprofesionalan guru; d) Keterbatasan media atau terbatasnya sarana dan prasarana; e) Terbatasnya waktu dalam kegiatan belajar mengajar, dan f) Siswa terlalu ekspresif jadi mengganggu siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Model Belajar Spot Capturing; Sikap Ekspresif Siswa; Pembelajaran PAI
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 04:31
Last Modified: 12 Mar 2017 04:31
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item