IMPLEMENTASI METODE BILLBOARD RANKING DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nafisah, Nafisah (2017) IMPLEMENTASI METODE BILLBOARD RANKING DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (932kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (997kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (955kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode billboard ranking pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode billboard ranking, serta dampak dari penerapan metode billboard ranking pada pembelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskripif kualitatif. Kemudian data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati peserta didik baik didalam kelas maupun diluar kelas, wawancara dengan sumber data primer yakni guru mata pelajaran akidah akhlak kelas X, Kepala Madrasah, dan Peserta didik. Serta data sekunder yakni, guru piket wali kelas, dan peserta didik lain, dan dokumentasi administrasi akan dianalisa dengan pendekatan kualitatid deskriptif untuk mengetahui bagaimana penerapan metode billboard ranking pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Untuk mengembangkan keaktifan belajar siswa melalui metode billboard ranking pada mata pelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Ulum jekulo Kudus pada dasarnya sudah berjalan dengan baik sehingga menghasilkan peserta didik yang kritis dan kreatif dalam menyampaikan pendapat dan memecahkan permasalahan, dilihat juga dari kesiapan guru mengenai adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan sampai tahap akhir yaitu evaluasi. 2) Faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode billboard ranking yang meliputi, dukungan dari madrasah, sarana prasarana yang memadai, dan tenaga pendidik yang profesional. Adapun faktor penghambatnya yaitu tingkat kemampuan siswa yang berbeda serta konsentrasi siswa yang kurang focus pada pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Billboard ranking; keaktifan belajar siswa; akidah akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 06:00
Last Modified: 12 Mar 2017 06:00
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item