EFEKTIFITAS METHODE FORMASI REGU TEMBAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS XII MA UNGGULAN AL HIKMAH PASER MIJEN DEMAK (SEMI EKSPERIMEN)

Choirur Rozaq, Moh (2017) EFEKTIFITAS METHODE FORMASI REGU TEMBAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS XII MA UNGGULAN AL HIKMAH PASER MIJEN DEMAK (SEMI EKSPERIMEN). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui Kemampuan Berbicara dengan Bahasa Arab, dan mengatuhi penerapan metode formasi regu tembak untuk meningkatkan keterampilan berbicara, dan untuk mengetahui efektifitas penerapan formasi regu tembak dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan tehnik angket, observasi dan dokumentasi. Dan metode analisisnya yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas data dan uji linieritas data, sedangkan metode analisis datanya adalah metode uji hipotesis melalui analisis persiapan dan analisis distribusi frekuensi. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah: 1. penerapan method formasi regu tembak adalah tergolong cukup baik karena termasuk dalam interval 49,68 pembagian dari (54-48)2. sedangkan ketrampilan berbicara dalam belajar bahasa arab adalah tergolong cukup juga karena termasuk dalam interval (89-84).dan kita ketahui nilai T hitung 2,16 lebih besar dari T tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,680 maka hasilnya di terima dan ini menunjukan adanya perbedaan yang ditunjukan antara murid sebelum menggunakan formasi regu tembak dan setelah penggunaan maka kita ketahui bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan methode formasi regu tembak sangat efektif untuk meningkatkan berbicara bahasa arab. 3. hasil r hitung sebesar 0,9086 dibandingkan dengan r table pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai r table 0,396, maka diketahui nilai r hitung lebih besar daripada nilai r table baik untuk kesalahan 5% (0,9086>0,396) dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Kemudian persamaan regresinya adalah Y = 48+0,76X. Hal ini dapat dijelaskan bahwa variable independent mempunyai nilai positif dan berpengaruh pada variable dependent. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Efektifitas methode formasi regu tembak dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas XII MA Unggulan AL Hikmah Paser Mijen Demak Tahun 2016. Sedangkan koefisien determinasi dari variable indiendent diperoleh r squer sebesar 0,6561. Hal ini mengindikasikan bahwa variable independent hanya tingkat efektifitas pada variable dependent sebesar 65,61% sedangkan sisanya 35,39% adalah variable lain diluar variabel method formasi regu tembak yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran dengan methode formasi regu tembak; Kemampuan Berbicara dengan Bahasa Arab; Efektifitasnya
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Studi dan Pengajaran Bahasa
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 06:11
Last Modified: 12 Mar 2017 06:11
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item