TRADISI PEMBIAYAAN DALAM JUAL BELI DI DESA ROBAYAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA DITINJAU DARI PRESPEKTIF TEORI MASLAHAH

SOFIANA, DWI (2016) TRADISI PEMBIAYAAN DALAM JUAL BELI DI DESA ROBAYAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA DITINJAU DARI PRESPEKTIF TEORI MASLAHAH. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PSUTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Praktik pembiayaan dalam jual beli dengan menggunakan alat transaksi berupa nota merupakan sebuah tradisi yang sudah lama dilakukan masyarakat desa Robayan kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara. Dalam tradisi pembiayaan tersebut dilakukan secara suka sama suka dalam arti lain merelakan atas penjualan nota tersebut untuk pemenuhan modal usaha. Tetapi di sisi lain sebenarnya bagi pihak pengrajin merasa keberatan dengan pemotongan 5 % per bulan dari nominal tercantum dan dengan pemilik modal yang merasa diuntungkan. Berdasarkan hal tersebut, masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (a) Bagaimana praktik pembiayaan jual beli di Desa Robayan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara? (b) Mengapa terjadi praktik pembiayaan jual beli di Desa Robayan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara yang tidak umum dalam teori pembiayaan? (c) Bagaimana analisis praktik pembiayaan jual beli di Desa Robayan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara ditinjau dari prespektif teori maslahah? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting) dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan mengapa dan bagaimana. Dan teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (a) praktik pembiayaan dalam jual beli yang terjadi di desa Robayan kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara adalah pengrajin menjual barang dagangannya kepada pengepul. Pengepul memberikan memberi nota (struk pembelian). Untuk mendapatkan uang tunai secara cepat pengrajin menjual nota tersebut kepada pemodal. (b) faktor-fator terjadinya praktik pembiayaan jual beli di Desa Robayan yang tidak umum dalam teori pembiayaan adalah karena sebagaian besar merupan tradisi di desa tersebut. (c) analisis praktik pembiayaan di desa Robayan kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara dilihat dari prespektif teori maslahah yaitu bermanfaat bagi pengrajin karena menolong pengrajin untuk segera mencairkan dana yang dimiliki pengrajin dalam bentuk nota. Menjadi kebiasaan yang melekat di masyarakat sehingga sulit diubah. Sehingga dikategorikan sebagai `urf shahih (bisa diterima).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Pembiayaan; Jual Beli; Teori Maslahah
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ahwal Syakhsiyyah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 03:09
Last Modified: 18 Mar 2017 03:09
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item