IMPLEMENTASI STRATEGI SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TAHUN AJARAN 2015/2016

Wulandari, Novita Desi (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (249kB)

Abstract

Keberhasilan siswa disekolah dapat dilihat berdasarkan proses belajar yang baik dan berkualitas, sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan. Dalam kaitan ini, implementasi strategi Snowball Throwing sangat ditekankan untuk memahami pelajaran, khususnya pada pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs. NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Implementasi strategi Snowball Throwing untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak Tahun ajaran 2015/2016. 2)Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi strategi pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak Tahun Ajaran 2015/2016. 3)Upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs. NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui implementasi strategi Snowball Throwing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi masalah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1)implementasi strategi Snowball Throwing di MTs. NU Miftahul Ulum mampu meningkatkan kemampuan siswa sehingga mencapai ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini terlihat dari pelaksanaan strategi Snowball Throwing yang pertama menjelaskan tujuan pembelajaran, kemudian membentuk kelompok yang terdiri dari 8 kelompok, Setelah itu ketua kelompok di panggil kedepan untuk penjelasan materi, kemudian ketua kelompok menjelaskan kepada anggotanya tentang materi yang telah diterimanya. Kemudian membuat soal dan selesai kemudian kertas tersebut di buat menyerupai bola dan dilemparkan soal tersebut kekelompok yang lain, kemudian kelompok lain menjawab soal yang diterimanya. 2)Faktor yang mendukung strategi pembelajaran Snowball Throwing adalah motivasi yang diberikan guru kepada siswa, rasa ingin tahu siswa yang tinggi, warga sekolah yang berhubungan harmonis, dan sarana prasarana sekolah yang mendukung. Sedangkan faktor yang menghambatnya adalah tingkat kemampuan siswa yang berbeda dalam kelas, siswa merasa capek, bosan dan jenuh karena menerima lebih dari satu pelajaran sehari, persiapan guru yang kurang matang, pengaruh lingkungan masyarakat, keluarga dan teman sebaya. 3)Upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi masalah adalah memotivasi siswa, menyisipkan ide-ide cerita, dan mengevaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Snowball Throwing; Kemampuan Siswa; dan Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 03:06
Last Modified: 03 Dec 2016 03:06
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item