PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (STUDI PADA PENGRAJIN LOGAM PISAU DI DESA HADIPOLO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS)

MASLAKHAH, MASLAKHAH (2017) PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (STUDI PADA PENGRAJIN LOGAM PISAU DI DESA HADIPOLO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) memainkan peran yang sangat penting didalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia seiring dengan jumlah perusahaan yang semakin bertambah. Semua jenis perusahaan yang ada bisa ikut andil dalam MEA. Dari jenis perusahaan besar sampai jenis perusahaan yang kecil. Pemerintah diminta ikut andil dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas UMKM dari segala lini termasuk dalam persaingan pasar. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Obyek yang menjadi sasaran penelitian adalah analisis peranan pemerintah dalam meningkatkan daya saing UMKM pada pengrajin logam pisau di Desa Hadipolo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis, yang memaparkan data-data yang ditemukan di lapangan dan menganalisisnya untuk mendapatkan kesimpulan yang benar, akurat. Penelitian ini mengambil 10 responden dari pelaku pengrajin logam pisau dan 1 responden dari kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM pada bagian UMKM. Tahun 2016 ini dunia bisnis akan dihadapkan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau pasar global Asia Tenggara, untuk menghadapinya diperlukan kekuatan-kekuatan atau daya saing dari pihak dalam tapi dari pihak luar atau pihak pemerintah. Peran serta pemerintah dalam membantu meningkatnya daya saing UMKM pengrajin logam pisau di Desa Hadipolo yang berupa bantuan pinjaman permodalan yang bekerja sama dengan Bank Jateng, proses produksi dengan bantuan pemberian alat produksi, hingga pemasaran harus dikelola dengan semaksimal mungkin, jika untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Di samping bantuan-bantuan di atas, pemerintah juga mengadakan beberapa pelatihan atau pembinaan untuk meningkatkan SDM yang berkualitas, pembinaannya meliputi pembinaan SDM, pembinaan manajerial, pembinaan teknis. Peran serta pemerintah di sini merangkul semua sektor UMKM yang ada di Kota Kudus. Banyak orang yang menilai suatu hal yang berhubungan dengan pemerintah itu sulit dan lama. Alasan para pelaku UMKM tidak mempunyai banyak waktu untuk mengurusi bantuan-bantuan, jadi ada beberapa pengrajin logam belum mendapatkan bantuan. Namun semua sektor UMKM yang ada di Kota Kudus di rangkul oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM untuk sama-sama berkembang dan maju.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah; Daya Saing; UMKM
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi > Produksi dan Industri
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen Eksekutif
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 04:18
Last Modified: 18 Mar 2017 04:18
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item